Text
Upaya meningkatkan hasil pembelajaran servis bawah bola voli melalui latihan servis berpasangan dendan metode komando menggunakan bola yang dmodivikasi pada siswa kelas V SD Negeri 05 Pemulutan Kab.Ogan Ilir
Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Servis Bawah Bola Voli Melalui Latihan Servis Berpasangan Dengan Metode Komando Menggunakan Bola Yang Dimodifikasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 05 Pemulutan Kab. Ogan Ilir.Yang dilakukan pada tanggal 3 Juni 2013 s.d 18 Juni 2013.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui latihan servis berpasangan dengan metode komando menggunakan bola yang dimodifikasi dapat meningkatkan kemampuan servis bawah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan servis bawah bola voli.Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau sering disebut classroom action research dan dilaksanakan dua siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelasV SD Negeri 05 Pemulutan Kab. Ogan Ilir yang berjumlah 29 orang. Data dikumpulkan dari observasi dilapangan.Setelah siswa melakukan pembelajaran latihan servis berpasangan dengan metode komando menggunakan bola yang dimodifikasi secara berulang-ulang, kemudian diadakan tes servis Bawah pada akhir siklus pertama dan diperoleh data bahwa siswa mencapai 31,3% baik dari 29 siswa, 41,38% sedang dari 29 siswa dan 27,59% kurang dari 29 siswa. Pada siklus kedua pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan siklus pertama hanya tehnik servis bawah diperbaiki dan dilakukan secara berulangulang, kemudian diadakan tes servis bola voli,pada akhir siklus kedua dan diperoleh data bahwa siswa yang memenuhi criteria baik mencapai 58% 17 siswa dari 29 siswa, 8 siswa sedang 28%, dan 4 orang siswa kurang14%. Secara keseluruhan hasil yang diperoleh 25 siswa tuntas atau 86%. Simpulan dalam penelitian ini adalah dengan model latihan servis berpasangan dengan metode komando menggunakan bola yang dimodifikas, tehnik servis bawah ternyata dapat meningkat.
No copy data
No other version available