Text
Analisis bahan fisika SMA kelas XI di Kecamatan Inderalaya Utara berdasarkan Kategori Literasi Sains
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah bahan ajar Fisika SMA kelas XI yang digunakan di Kecamatan Indralaya Utara sudah merepresentasikan kategorikategori Literasi Sains, serta memperoleh informasi mengenai ruang lingkup sains pada bahan ajar berbentuk buku yang digunakan di sekolah se-kecamatan Indralaya Utara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan bahan ajar fisika berbentuk buku yang digunakan di kelas XI di sekolah menengah atas yang ada di Kecamatan Indralaya Utara, yaitu di SMA Negeri 1 Unggulan Indralaya Utara dan SMA PGRI. Dari penelitian dapat diketahui bahwa buku-buku yang digunakan di sekolah menengah atas di Kecamatan Indralaya Utara sudah merepresentasikan kategori literasi sains dengan persentase kemunculan rata-rata sebesar 59,62% untuk kategori literasi sains sebagai batang tubuh pengetahuan, 33,57% untuk kategori literasi sains sebagai cara menyelidiki, 5,73% untuk kategori literasi sains sebagai cara berpikir, dan 1,08% untuk kategori interaksi sains, teknologi dengan masyarakat. Dari hasil penelitian disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan tentang tingkat literasi sains pada siswa-siswa sekolah menengah atas di Kecamatan Inderalaya Utara yang belajar dengan menggunakan buku yang telah dianalisis.
No copy data
No other version available