Text
Hubungan antara motivasi belajar dan konsep diri dengan hasil belajar pendidikan jasmani siswa teknik komputer jaringan (TKJ) SMK Negeri 1 Indralaya Utara
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan konsep diri dengan hasil belajar pendidikan jasmani siswa TKJ SMK Negeri I Indralaya utara. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa TKJ SMK Negeri I Indralaya utara yang berjumlah 273 siswa. Sedangkan sampel diambil berdasarkan purpose sampling (menurut pertimbangan) adalah siswa TKJ SMK Negeri I Indralaya utara kelas II dan kelas III sebanyak 164 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Pengujian analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi product moment. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa: Pertama, koefisien hubungan yang diperoleh antara motivasi belajar dengan hasil belajar pendidikan jasmani siswa TKJ SMK Negeri I Indralaya utara rx1y = 0.301 Hasil ini dikonsultasikan dengan rtabel dengan N = 164 pada taraf signifikan 5% = 0,159, sehingga diperoleh rx1y > rtabel (0,301 >0,159). Kedua, koefisien hubungan yang diperoleh antara konsep diri dengan hasil belajar pendidikan jasmani siswa TKJ SMK Negeri I Indralaya utara sebesar rx2y = 0,740 Hasil ini dikonsultasikan dengan rtabel dengan N = 165 pada taraf signifikan 5% = 0,159 sehingga diperoleh rx2y > rtabel (0,740> 0,,159). Sedangkan ketiga, koefisien korelasi ganda antara motivasi belajar dan konsep diri secara bersama-sama juga memberikan hubungan dengan hasil belajar pendidikan jasmani siswa TKJ SMK Negeri I Indralaya utara sebesar rx1x2y = 0,754 Dengan demikian maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa setiap variabel – variabel dalam penelitian mempunyai hubungan yang signifikan antara satu sama lain, sehingga hipotesis dalam penelitian ini dinyatakan diterima dan teruji kebenarannya.
No copy data
No other version available