Text
Hubungan antara pemahaman siswa dalam membaca jobsheet dengan keterampilan praktik siswa di kelas XI TKR SMK Negeri 1 Inderalaya Utara tahun 2013
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar nilai hubungan (korelasi) dan ada tidaknya hubungan antara pemahaman siswa dalam membaca jobsheet dengan keterarnpilan praktik siswa di kelas )il TKR SMK N I Indralaya Utara Tahun 2013. Pada kompetensi memelihara/servis unit kopling dan komponen-komponen pengoperasiannya Jenis penelitiau ini adalah penelitian kuantitatif inferensial. Pada penelitian ini populasinya adalah selunrh siswa kelas XI TKR SMK N I Indralaya Utara yang berjumlah 93 siswa, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah kelas XI TKR 2 yang berjumlah 29 siswa Tekuik pengambilan sampel ditentukan dengan tipe pwrposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui teknik tes Qnst test) dan observasi. Data yang diunbil adalah hasil posf /esf siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dalam membacaT'obsheet dan hasil observasi kegiatan praktik untuk mengetahui tingkat keterampilan praktik siswa. Dari analisis data menggunakan korelasi product moment dan uji hipotesis dengan tamf signifikansi 5olo serta dkn-zl:27, dapat disimpulkan bahwa nilai korelasi (r.y) sebesar 0,538 dan hasil analisis uji hipotesis (t{,it.c) sebesar 3,931, dlai 3,931 diperoleh dari uji signifikansi dengan uji t (fuxrrr>1654), dimana ttabel : 2,052 sehingga 3,931> 2,052. HaI ini menur$ukkan bahwa antara variabel X dan variabel Y memiliki hubuugan. Oleh karena itu dapat dinyatakan batrwa ada hubungan antara pemahaman siswa dalam membacaTbbsheet dengan keterampilan praktik siswa di kelas XI TKR SMK N I Indralaya Utara. Dari hasil penelitian ini, peneliti agar jobsheet selalu dimanfaatkan dalarn setiap kegiatan praktik siswa, jobsheet yang baik adalah jobsheet yang menggunakan bahasa dan gambar yang jelas agar mudah dipahami oleh siswa sehingga keterampilan praktik siswa dapat tercapai.
No copy data
No other version available