Text
Analisis Determinan perilaku Personal Hygiene Siswa SDN 03 Indralaya Utara kabupaten Ogan Ilir Tahun 2014
Latar Belakang : Personal hygiene siswa masih banyak yang kurang baik, dapat dilihat dari perilaku siswa tersebut banyak yang belum mencerminkan personal hygiene yang baik. Banyak faktor yang mempengaruhi perilaku siswa tersebut, oleh karena itu perlu dilakuan penelitian terhadap analisis determinan perilaku personal hygiene tersebut.
Metode : Penelitian ini termasuk penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian siswa SDN 3 Indralaya Utara kelas 4, 5 dan 6. Teknik pengambilan sampel secara porposiv sampling. Teknik analisa data secara univariat dan bivariat dengan melakukan uji chi square. Data kemudian disajikan dalam bentuk tabel untuk menginterpretasi data tersebut.
Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan dengan pengetahuan (p value = 1,00), dukungan guru p (value = 0,140) yang artinya tidak ada hubungan pengetahuan dan dukungan guru terhadap perilaku personal hygiene. Sebaliknya sikap (p value = 0,009), dukungan keluarga (p value = 0,013) yang artinya ada hubungan sikap dan dukungan keluarga terhadap perilaku personal hygiene siswa.
Kesimpulan : Dengan demikian, walaupun pengetahuan, sikap, dukungan guru dan dukungan keluarga siswa cenderung ke dalam katagori baik akan tetapi masih saja terdapat permasalahan personal hygiene, hal ini dapat terjadi dikarenakan kondisi atau faktor lain yang membuat siswa melakukan hal tersebut, oleh sebab itu perlu dilakukan penanganan secara intensif agar dapat menimalisir peluang siswa untuk dapat berperilaku personal hygiene yang tidak baik.
No copy data
No other version available