Skripsi
FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN KETERCAPAIAN EMPLOYABILITY SKILLS YANG TERINTEGRASI KECAKAPAN DIGITAL BIDANG OTOMOTIF
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (1) tingkat ketercapaian employability skills yang terintegrasi kecakapan digital (ESKD); (2) model struktural variabel-variabel yang mempengaruhi ketercapaian ESKD; (3) pengaruh langsung, pengaruh tidak langsung, dan pengaruh yang paling dominan terhadap ketercapaian ESKD pada siswa program keahlian Teknik Otomotif, sekolah menengah kejuruan (SMK) di Sumatera Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah 29.752 siswa program keahlian Teknik Otomotif, SMK di Sumatera Selatan. Sampel penelitian adalah 462 siswa yang ditentukan dengan teknik two-stage cluster stratified random sampling. Instrumen penelitian terdiri dari lima variabel, yaitu ESKD, efikasi diri, pembelajaran kejuruan, bimbingan kejuruan, dan pengalaman siswa. Validasi instrumen dilakukan oleh tiga orang ahli, dengan hasil instrumen layak digunakan. Hasil uji coba instrumen menunjukkan butir instrumen dengan nilai t-hitung < 0,3621 untuk masing-masing butir pada setiap variabel. Hasil uji reliabilitas dengan alpha Cronbach untuk masing-masing variabel memiliki nilai > 0,7. Analisis data menggunakan struktural equation modeling (SEM) dengan bantuan aplikasi LISREL 8.8. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Tingkat ketercapaian ESKD berada pada kategori tinggi. Akan tetapi rata-rata skor aspek keterampilan interpersonal digital, terutama pada indikator ‘ekspresi diri digital’, ‘interaksi dengan mesin’, dan ‘memahami simbol digital’ berada pada kategori rendah, sehingga diperlukan perhatian serius dalam upaya peningkatan aspek tersebut. (2) Model struktural faktor-faktor determinan ketercapaian ESKD terdiri dari faktor eksternal (bimbingan kejuruan, pengalaman siswa, dan pembelajaran kejuruan) dan faktor internal (efikasi diri). Secara simultan variabel efikasi diri, pembelajaran kejuruan, bimbingan kejuruan, dan pengalaman siswa dapat menjelaskan variasi variabel ESKD sebesar 92%, sedangkan sisanya (8%) variasi variabel ESKD dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. (3) Faktor internal (efikasi diri) merupakan variabel yang memiliki pengaruh terbesar terhadap ESKD. Pengaruh faktor eksternal terhadap ESKD dapat lebih optimal saat dimediasi oleh efikasi diri.(4) Faktor eksternal yang memiliki pengaruh tertinggi terhadap ESKD adalah pengalaman siswa, akan tetapi pengaruh pengalaman siswa terhadap ESKD harus dimediasi oleh pembelajaran kejuruan dan efikasi diri. Kata Kunci: bimbingan kejuruan, efikasi diri, employability skills, kecakapan digital
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307001938 | T103223 | T1032232022 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available