Skripsi
STRATEGI DIPLOMASI PUBLIK PARIWISATA SUMATERA SELATAN MELALUI KEGIATAN GRAN FONDO
Sektor pariwisata merupakan salah satu persoalan yang sangat penting, dikarenakan pemanfaatan sumber daya alam yang dapat bernilai ekonomi tinggi bagi Sumatera Selatan. Namun, karena kurangnya strategi wilayah untuk mempromosikan wisata-wisata ke dunia luar, dan penurunan jumlah wisatawan akibat pandemi covid-19, pariwisata Sumatera Selatan kurang dikenal ke dunia internasional. Dalam usaha meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, pemerintahan Sumatera Selatan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan menyelenggarakan beberapa event internasional salah satunya adalah kegiatan Sriwijaya Ranau Gran Fondo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa data kualitatif, data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil konsep diplomasi publik dan branding. Dimana konsep tersebut menjabarkan penerapan strategi yang dilakukan pemerintah Sumatera Selatan memperkenalkan pariwisata melalui kegiatan Sriwijaya Gran Fondo ke dunia internasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi diplomasi publik pemerintah Sumatera Selatan yang terdiri dari : 1. Listening, dengan mengumpulkan data terkait dengan publik seperti berpartisipasi dari kegiatan Gran Fondo yang bersifat nasional ataupun internasional 2. Advocacy, dengan melakukan usaha komunikasi aktif berupa kegiatan rapat dan konferensi pers dengan aktor yang berkepentingan 3. Cultural Diplomacy, dalam bentuk budaya yang lebih tradisional seperti tarian daerah dan permainan tradisional 4. Exchange Diplomacy, dengan pertukaran yang terjadi dari latar belakang budaya dan kemampuan seni yang beragam 5. International Broadcasting, dengan pemanfaatan jaringan media sosial dan 6. Psychological Warfare, dengan menyerang psikologis wisatawan melalui kelengkapan yang diberikan kepada para peserta untuk dapat menarik kesadaran pariwisata Sumatera Selatan. Kegiatan Sriwijaya Ranau Gran Fondo belum sepenuhnya optimal dikarenakan kegiatan ini masih tergolong perdana dalam mengembangkan sport tourism dan promosi nya yang kurang meluas untuk dapat diketahui oleh masyarakat banyak. Namun, kegiatan ini dapat menjadi sebuah alat untuk memacu stakeholder terutama dukungan dari BUMN/BUMD dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan wisata olahraga sejalan dengan promosi wisata secara tak langsung. Kata kunci : Sriwijaya Ranau Gran Fondo, Diplomasi Publik, Pariwisata, Sumatera Selatan
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307004124 | T95005 | T950052023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available