Skripsi
ANALISA KONSTRUKSI BANGUNAN BAWAH PADA MODIFIKASI DUPLIKASI JEMBATAN AIR MUSI II PALEMBANG
Pada tugas akhir ini membahas tentang analisa konstruksi bangunan bawah jembatan dimana dengan adanya perubahan desain panjang bentang jembatan dan struktur atas jembatan maka diperlukan adanya penambahan pada pilar jembatan. Analisa dan perhitungan ini dilakukan dengan tujuan mengetahui kekuatan daya dukung tiang terhadap struktur bangunan atas jembatan dan dapat merencanakan kemudian menganalisa konstruksi bangunan bawah jembatan yang telah dimodifikasi panjang bentang struktur atasnya. Sebagai pedoman perhitungan digunakan SNI T-02-2005, SNI T- 12-20054, dan BMS ‘92. Pada perencanaan permodelan pilar jembatan menggunakan bantuan program SAP 2000. Hasil dari analisa menunjukkan bahwa perencanaan pilar jembatan tipe 1 didapat hasil daya dukung untuk 1 tiang pancang sebesar 275,84 ton dan untuk pilar tipe 2 didapat sebesar 385,18 ton. Setelah dilakukan pengecekan daya dukung kelompok tiang terhadap beban dari struktur atas didapat rasio keamanan yang telah memenuhi syarat keamanan yaitu 0,67 pada permodelan tipe 1 dan 0,94 pada permodelan tipe 2. Untuk faktor keamanan pondasi tiang pancang pada permodelan pilar tipe 1 dan permodelan pilar tipe 2 telah memenuhi syarat aman. Dimana rasio momen untuk permodelan 1 yang teijadi paling maksimum adalah pada tiang pancang TP 19 sebesar 0,52 dan pada permodelan 2 pada TP19 sebesar 0,869. Pada pengecekan defleksi tiang pancang yang terjadi juga telah memenuhi syarat batas yang diperbolehkan karena tidak lebih dari 1 cm. Dapat di analisa bahwa jembatan duplikasi yang telah di modifikasi struktur bangunan bawahnya menjadi lebih efesien dan aman karena rasio yang diperoleh telah memenuhi syarat batas izin.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1407002084 | T129742 | T1297422013 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available