Skripsi
KARAKTERISTIK PENAMBAHAN AGREGAT LIMBAH PLASTIK GELAS AIR MINERAL SERTA SERBUK LIMBAH BAN MASING-MASING 3% DAN 8% TERHADAP CAMPURAN ATB
Secara langsung pembangunan perkerasan jalan yang terus dilakukan dapat mempengaruhi nilai kuantitas dari sumber daya penyedia material jalan aspal itu sendiri. Dari adanya pemikiran tersebut maka perlu dicari suatu material alternatif sebagai bahan pengganti material yang bisa digunakan pada perkerasan jalan aspal dengan tidak mengenyampingkan hasil akhir pengaruh penambahan bahan tersebut. Bebarapa bahan yang pernah dijadikan sebagai benda uji coba adalah plastik dan karet. Plastik adalah salah satu jenis polimer buatan yang memiliki sifat plastis yang cukup tinggi penambahan bahan ini ke dalam capuran diperkirakan dapat meningkatkan nilai daktilitas dari benda uji sedangkan karet mampu menaikkan adhesi di dalam campuran. Prosedur pengujian yang dilakukan terhadap campuran aspal yang telah ditambah oleh plastik dan karet masing-masing sebanyak 3% dan 8% meliputi pengujian terhadap aspal, agregat, dan pengujian terhadap benda uji itu sendiri. Pada benda uji yang telah dibuat nantinya dilakukan pengujian Marshal Test dan Ccantabro Scatering Lost Test, dimana akan didapatkan beberapa parameter Marshall yang akan dijadikan pembanding diantaranya yaitu nilai Stabilitas, Flow , VIM (Rongga di dalam campuran), VMA (Rongga di dalam agregat), VFA (Rongga terisi aspal), dan Berat Isi. Pengujian stabilitas yang merupakan faktor kekuatan jalan menunjukkan peningkatan jika dibandingkan tanpa adanya penambahan plastik dan sebuk limbah ban yaitu 1433,703 kg pada campuran 3% dan 1446,768 kg pada campuran aspal 8% sedangkan untuk aspal normal memiliki nilai stabilitas 1090,725 kg.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0807000663 | T129023 | T1290232008 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available