Skripsi
PENGEMBANGAN SISTEM MANAJEMEN PEMELIHARAAN JALAN REL KERETA API JALUR LAHAT - LUBUK LINGGAU
Kereta api merupakan salah satu alternatif transportasi darat yang ekonomis, aman, dan nyaman. Kelebihan dalam menggunakan kereta api ini adalah kereta api memiliki kapasitas yang besar dalam mengangkut barang dan penumpang, hemat dalam penggunaan energi memiliki dampak yang relatif kecil terhadap lingkungan, dan dalam pengoperasiannya kereta tidak dipengaruhi oleh cuaca. Selain memiliki banyak kelebihan, sebagai alat transportasi massa, dalam pengoperasian kereta api banyak juga terjadi kerusakan. Kerusakan yang fatal dan membahayakan bagi kereta yang lewat adalah kerusakan pada komponen jalan rel yang meliputi kepala rel, bantalan, balas, sambungan dan pada permukaan jalan rel itu sendiri. Banyaknya kerusakan pada komponen jalan rel akan berdampak pada banyaknya dana yang harus dikeluarkan untuk upaya perbaikan dan pemeliharaannya. Setiap tahun, dana yang disediakan oleh PT. Kereta Api Indonesia Pusat untuk anggaran pemeliharaan jalan rel ini tidak mencukupi. Oleh karena itu perlu diadakannya suatu pengembangan sistem manajemen pemeliharaan jalan rel. Pengembangan sistem ini dilakukan dengan membuat suatu strategi pemeliharaan pemeliharaan pada setiap komponen jalan rel yang mengalami kerusakan. Pengembangan ini dilakukan agar dana yang disediakan oleh PT. Kereta Api Indonesia Pusat dapat dialokasikan pada pemeliharaan jalan rel agar kereta api dapat tetap beroperasi dengan aman dan nyaman. Studi kasus ini dilaksanakan pada jalur Lahat-Lubuk Linggau mengingat pada jalur tersebut intensitas kerusakannya cukup tinggi, dengan panjang jalur ±115, 289 km untuk membuktikan bahwa upaya pengembangan sistem manajemen pemeliharaan ini benar-benar tepat dan aman untuk diterapkan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0707000396 | T127982 | T1279822007 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available