Skripsi
PENGARUH PENGGANTIAN SEBAGIAN ASPAL DENGAN SERBUK KARET BAN LUAR BEKAS SEBESAR 7% DAN 19,5% TERHADAP CAMPURAN ASPAL PEN. 60/70 MELALUI PENGUJIAN MARSHALL DAN CANTABRO SCATTERING LOSS TEST
Perkerasan jalan dipengaruhi oleh beberapa faktor-faktor antara lain dipengaruhi oleh absorpsi aspal terhadap campurannya, kadar aspal yang efektif, rongga antar butiran agregat (VMA), rongga udara dalam campuran (VIM) dan gradasi agregat. Gabungan dari kelima faktor ini akan memberikan daya lekat tinggi terhadap aspal dengan agregatnya dan kemampuan kekedapan air yang baik agar aliran air dipermukaan perkerasan tidak mampu masuk kedalam konstruksi badan jalan di bawahnya. Namun kekedapan terhadap air tersebut justru yang menjadi masalah dari perkerasan jalan itu sendiri karena kekedapan lapisan akan menyebabkan terjadinya limpasan air yang dapat mengurangi kekesatan permukaan sehingga dapat menimbulkan kecelakaan pemakai jalan. Hasil pengujian Marshall Test dan Cantabro Scattering Loss Test menunjukkan bahwa campuran aspal untuk ATB memiliki nilai stabilitas dan ekonomis yang tinggi dibandingkan dengan campuran aspal normal. Hal ini dapat dilihat dari naiknya nilai stabilitas yang cukup tinggi pada Pengujian Marshall dengan penambahan serbuk karet ban luar bekas sebesar 1303 kg dan 1174 kg untuk kadar karet 7% dan 19,5%. Sedangkan pada campuran aspal tanpa penambahan serbuk karet ban luar bekas hanya 812 kg. Hasil Cantabro Scattering Loss Test menunjukan nilai minimum abrasi Cantabro pada campuran dengan penambahan serbuk karet ban luar bekas sebesar 0,617% dan 0,280% untuk aspal dengan kadar karet 7% dan 19,5%, sedangkan pada campuran aspal tanpa penambahan serbuk karet ban luar bekas nilai minimum abrasi Cantabro adalah 2,817%.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0507000668 | T128683 | T1286832005 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available