Skripsi
HUBUNGAN POLA KONSUMSI SARAPAN PAGI DAN MAKANAN JAJANAN TERHADAP STATUS GIZI ANAK SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU BINA ILMI PALEMBANG
Anak usia sekolah dasar berusia 6-12 tahun. Anak usia sekolah dasar merupakan salah satu kelompok yang rawan mengalami masalah gizi. Adapun yang sering ditemukan pada anak sekolah adalah kelebihan berat badan dan berat badan kurang. Status gizi anak dapat dipengaruhi oleh kebiasaan sarapan pagi. Anak usia sekolah biasa mengkonsumsi makanan jajanan seperti junk food, fast food, dan street food, terdiri dari berbagai macam makanan dan minuman siap saji yang siap untuk dimakan di tempat ataupun dibawa ke kelas. Kebiasaan sering mengkonsumsi makanan jajanan di sekolah bisa mengurangi nafsu makan anak di rumah. Selain itu, masih banyak makanan jajanan yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dapat membahayakan kesehatan anak. Makanan jajanan tinggi energi dan lemak seperti gorengan yang bisa menyebabkan obesitas, makanan ringan, es, permen dan manisan menyebabkan kekurangan gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola konsumsi sarapan pagi dan makanan jajanan terhadap status gizi anak Sekolah Dasar Islam Terpadu Bina Ilmi Palembang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan menggunakan desain cross-sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 52 sampel yang dipilih dengan metode purposive sampling. Data diolah secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 86,5% responden memiliki konsumsi sarapan pagi tidak baik dan 48,1% responden memiliki pola konsumsi makanan jajanan cukup. Hasil bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan antara pola konsumsi sarapan pagi dengan status gizi (p=0,046) dan ada hubungan antara pola konsumsi makanan jajanan dengan status gizi (p=0,012). Orang tua/wali murid diharapkan untuk memantau dan menyiapkan sarapan untuk anak sebelum anak berangkat ke sekolah.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307002789 | T1127952 | T1127952023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available