Skripsi
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JUMLAH PENGGUNAAN MODA (MULTIMODALITY)
MMPT (multimodal public transport) memiliki sistem terpadu dan telah teruji, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu solusi untuk mengurangi jumlah penggunaan kendaraan pribadi serta jumlah angkutan umum yang terlalu banyak. Untuk itu diperlukan sebuah penelitian yang terfokus pada perilaku peijalanan multimoda dalam rangka mengembangkan sebuah sistem transportasi umum yang mapan. MMPT {multimoda public transport) adalah rangkaian peijalanan dengan angkutan umum yang menggunakan dua moda transportasi atau lebih, dan mengkombinasikan serta menginterkoneksikan transfer points sehingga waktu untuk pergantian moda dapat di hemat. Dan pergantian moda dapat menjadi lebih mudah dan sederhana. Jenis penelitian merupakan studi literatur dari studi terdahulu dan temuan-temuan riset karya Krygsman (2004) dan Buchari (2008). Urutan penelitian yaitu Studi literatur, analisa, pembuatan model, dan Updating data. Analisa data dilakukan dengan regresi multilinier dengan metode stepwise. Pada studi ini, ditinjau hubungan antara variabel tidak bebas yaitu jumlah moda yang digunakan terhadap delapan variabel bebas yaitu Waktu peijalanan, Jumlah trip, status keluarga, jenis kelamin, Jumlah mobil, prioritas pemakaian mobil, jumlah mobil dan Status keija. Model regresi yang diperoleh adalah: Y = 1,027 Xi + 1,215 X* - 1,6. Rumus ini tidak mampu mencerminkan kondisi yang sebenarnya disebabkan karena variabel waktu dan jarak perjalanan yang diambil dari sampel tidak dapat diandalkan. Waktu peijalanan menjadi tidak reliabel karena penumpang naik dan turun di sembarang tempat. Dan jarak tidak reliabel karena angkutan umum tidak memiliki tempat pemberhentian khusus untuk menaikan dan menurunkan penumpang.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0907000114 | T122181 | T1221812008 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available