Skripsi
TINJAUAN PERHITUNGAN TEBAL PERKERASAN LANDASAN PACU LAPANGAN TERBANG SULTAN MAHMUD BADARUDDIN II PALEMBANG
Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang adalah merupakan salah satu Bandara di Indonesia dengan tingkat aktivitas pergerakan pesawat yang cukup tinggi dan mengakibatkan penambahan landasan pacu. Landasan pacu yang baru dibangun memiliki tebal perkerasan yang perlu ditinjau perhitungannya dengan menggunakan metode-metode yang ada di dalam ilmu teknik sipil untuk mengetahui kemampuan landasan pacu tersebut menerima pergerakan baik yang datang maupun yang berangkat. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, Metode dengan menggunakan metode PCN/ACN bahwa tebal perkerasan yang ada sekarang mampu menahan laju pergerakan pesawat rencana dimana terlihat bahwa nilai Annual Departure yang dihitung dari tebal perkerasan yang ada melebihi nilai Annual Departure direncanakan yaitu lebih dari 3.000 pergerakan. pertama Metode kedua, dengan menggunakan metode LCN, bahwa dari perhitungan didapat tebal perkerasan total adalah 32 cm, sedangkan tebal perkerasan total yang ada melebihi 32 cm. Hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa perkerasan yang ada tidak perlu diadakan penambahan tebal perkerasan. Metode ketiga, dengan menggunakan Metode FAA, bahwa tebal perkerasan total yang didapat dari hasil perhitungan adalah 55,88 cm. Sedangkan tebal perkerasan yang ada melebihi 55,88 cm. Hal ini dapat disimpulkan bahwa perkerasan yang ada tidak perlu diadakan penambahan dengan keawetan umur 20 tahun, namun untuk mempertahankan umur konstruksi perkerasan agar diadakan pemeliharaan konstruksi secara terus menerus.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0607000565 | T109845 | T1098452005 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available