Skripsi
STUDI EKSPERIMENTAL SERBUK KARET BAN LUAR BEKAS DENGAN KADAR 4% DAN 11% SERTA FLY ASH 5% SEBAGAI BAHAN CAMPURAN LAPISAN ASPHALT TREATED BASE (ATB)
Pekerasan jalan dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain dipengaruhi oleh absorpsi aspal terhadap campurannya, kadar aspal yang efektif, rongga antar butiran agregat (VMA), rongga udara dalam campuran (VIM) dan gradasi agregat. Gabungan dari kelima faktor ini akan memberikan daya lekat tinggi terhadap aspal dengan agregatnya dan kemampuan kekedapan air yang baik agar aliran air di permukaan perkerasan tidak mampu masuk kedalam konstruksi badan jalan dibawahnya. Hasil pengujian Marshalll Test dan Cantabro Scattering Loss Test menunjukkan bahwa campuran aspal dengan serbuk karet ban luar bekas sebesar 4% sebagai bahan pengganti sebagian agregat halus bisa digunakan sebagai bahan perkerasan jalan pada lapisan ATB. Hal ini dikarenakan campuran aspal tersebut telah memenuhi standar spesifikasi Bina Marga walaupun kinerja yang dihasilkan lebih rendah dibandingkan dengan campuran aspal normal, dimana nilai stabilitas yang dihasilkan adalah 761.78 kg dan nilai stabilitas dari campuran aspal normal sebesar 1448.8725 kg. Sedangkan untuk campuran aspal dengan 11% serbuk karet ban luar bekas tidak memenuhi standar spesifikasi Bina Marga karena nilai stabilitas nya lebih rendah dibandingkan dengan nilai stabilitas yang dianjurkan oleh Bina Marga. Hasil Cantabro Scattering Loss Test menunjukkan nilai minimum abrasi Cantabro pada campuran aspal dengan serbuk karret ban luar bekas sebesar 0.319% dan 0.112% untuk masing-masing kadar serbuk karet 4% dan 11%, sedangkan pada campuran aspal normal nilai minimum Cantabro yang dihasilkan sebesar 0.694%.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0507001953 | T109418 | T1094182005 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available