Text
Penerapan customer relationship managment (CRM) pada bidang layanan pelanggan perusahaan daerah air minum (PDAM) Lematang Enim berbasis mobile
Perkembangan dunia usaha yang semakin maju menyebabkan timbulnya
persaingan yang semakin ketat. Salah satu cara untuk menjaga
kelangsungan hidup perusahaan adalah menjaga hubungan baik dengan
pelanggan. Karena dari hasil penelitian mempertahankan pelanggan yang
sudah ada jauh lebih mudah dibandingkan dengan mendapatkan pelanggan
baru. Persaingan bisnis yang sangat ketat akan sangat memerlukan langkahlangkah strategis untuk menghadapinya. Perusahaan yang bergerak dalam
bidang jasa seperti PDAM Lematang Enim sangat penting untuk
mengetahui dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cepat dan tepat.
Kehadiran Customer Relationship Management (CRM) akan mampu untuk
mengatasi masalah di atas. Salah satu langkah yang juga dapat ditempuh
untuk menghadapi masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan
teknologi yang ada yaitu dengan pemanfaatan CRM (Customer
Relationship Managemet) berbasis web dan mobile. Tujuannya untuk
membantu PDAM Lematang Enim dalam meningkatkan pelayanan kepada
pelanggan. Dengan demikian hubungan antara perusahaan dan pelanggan
akan terjalin dengan baik dan akan tercipta loyalitas pelanggan terhadap
perusahaan. Pemograman yang dibuat dengan menggunakan PHP dan
MySql sebagai database penyimpanan.
No copy data
No other version available