Skripsi
PENGGUNAAN SHEET FILE SEBAGAI ALTERNATIF PERKUATAN LERENG PADA RUAS JALAN SUNGAI MANAU - KERINCI KM 310+676 DAN 311+6007 PROVINSI JAMBI
Ruas jalan Sungai Manau - Kerinci km 310+676 dan km 311+600 merupakan jalan lintas kelas II, jalan tersebut sering dilalui kendaraan yang menyebabkan bertambahnya beban pada tanah tersebut. Apabila beban yang yang diterima tanah melebihi tahanan geser tanah, maka akan menyebabkan kelongsoran. Berdasarkan analisis perhitungan dengan bantuan program slopeAV 2016 didapat nilai faktor keamanan pada km 310+676 menurut metode Morgenster-Price sebesar 0,698 dan Bishop sebesar 0,699. Pada km 311+600 menurut metode Morgenstrc-Price sebesar 0,791 dan Bishop sebesar 0.667. Berdasarkan hasil analisis, lereng tersebut dapat dikategorikan lereng yang pernah mengalami keruntuhan, sehingga perlu dilakukan perencanaan perkuatan konstruksi yang aman. Dalam penelitian ini menguraikan tentang penggunaan sheet pile baja (profil Larsseri) sebagai alternatif perkuatan lereng pada mas jalan Sungai Manau - Kerinci km 310+676 dan km 311+600. Sebelum melakukan analisis pada slope AV. terlebih dahulu dilakukan perhitungan stabilitas terhadap sheet pile baja tersebut untuk menentukan jenis dimensi profil yang digunakan. Berdasarkan hasil analisis selelah diberi perkuatan, nilai faktor keamanan dari seluruh variasi sudah diatas 1.25. Apabila nilai faktor keamanan sudah melebihi 1.25 maka lereng tersebut dapat dikategorikan menjadi lereng yang relatif stabil. Setelah di beri perkuatan di km 310+676 memiliki nilai faktor keamanan menurut metode Morgcnstre-Price sebesar 1.349 dan Bishop sebesar 1.554 dan pada km 311+600 memiliki nilai faktor keamanan menurut metode Morgenstre- Price sebesar 1,708 dan Bishop sebesar 1,704.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1707003740 | T108119 | T1081192017 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available