Skripsi
HUBUNGAN KEPUASAN PELAYANAN MAKAN TERHADAP SISA MAKAN PASIEN DI RSUD PALEMBANG BARI
Kepuasan pasien merupakan suatu indikator dari keberhasilan pelayanan di rumah sakit. Kepuasan pelayanan makan pasien dapat dinilai dari aspek tangible¸aspek reliability, aspek responsiveness, aspek assurance dan aspek empathy. Semakin sempurna pelayanan dari rumah sakit tersebut, maka akan semakin meningkat kepuasan pasiennya. Pelayanan makan yang tidak sesuai dapat menimbulkan ketidakpuasan pasien. Sisa makanan pasien adalah gambaran daya terima, efektivitas serta efisiensi pelayanan di rumah sakit. Sisa makanan yang tinggi berakibat pada tidak memenuhinya kecukupan gizi sehingga menyebabkan penurunan status gizi dan meningkatkan lama rawat inap pasien di rumah sakit. Tujuan penelitian ini yaitu untuk untuk mengetahui hubungan kepuasan pelayanan makan terhadap sisa makanan pasien di RSUD Palembang BARI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross-sectional. Responden berjumlah 76 orang dipilih secara accidental sampling. Data diolah dengan uji statistik dan dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menyatakan bahwa terdapat hubungan antara kepuasan pasien dengan sisa makanan pasien (p value = 0,001). Sebagian besar responden (57,9%) merasa puas dengan pelayanan makan RSUD Palembang BARI. Sisa makan pasien di RSUD Palembang BARI rendah ( 86,8%). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kepuasan pasien dengan sisa makanan pasien pada RSUD Palembang BARI (p value=0,01). Diharapkan untuk lebih meningkatkan pelayanan rumah sakit pada aspek reliability terutama ketepatan waktu pada penyajian makan pagi.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307000367 | T88207 | T882072023 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available