Skripsi
PENGEMBANGAN VIDEO KEGIATAN SAINS ANAK USIA (5-6) TAHUN BERBASIS LIFESKILL
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media video kegiatan sains berbasis Lifeskill yang teruji kevalidan dan kepraktisannya. Pengembangan dilakukan menggunakan metode pengembangan R&D (Research and Development) yang dikombinasikan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dan evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari self evaluation, expert review, one to one evaluation, and small group evaluation. Hasil pengembangan video kegiatan sains anak usia (5-6) tahun berbasis Lifeskill yaitu sangat valid dan sangat praktis. berdasarkan hasil expert review oleh ahli materi dan ahli media diperoleh nilai rata-rata sebesar 87,5% dengan kategori sangat valid. Validitas materi dan media ditinjau dari indicator berupa kesesuaian materi dengan kurikulum/permendikbud, kesesuaian materi dengan kebutuhan dan perkembangan anak usia dini, serta beberapa aspek yang menjadi penilaian yaitu aspek edukatif, aspek teknis/penyajian dan aspek estetika. Sedangkan hasil dari tahap one to one evaluation yang diuji kepada 3 anak didapatkan nilai rata-rata sebesar 91,6% dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya pada tahap small group evaluation diperoleh nilai rata-rata sebesar 92,5% dengan kategori sangat praktis. Dari rata-rata nilai tahap one to one evaluation dan small group evaluation diperoleh nilai rata-rata sebesar 92,05% dengan kategori sangat praktis. Kepraktisan ditinjau dari indikator yang memuat kemenarikan tampilan video, desain simple dan menyenangkan bagi anak, serta materi yang disajikan mudah dipahami oleh anak. Kata kunci : video kegiatan sains, anak usia dini, Lifeskill
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307000475 | T88913 | T889132023 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available