Text
PENGARUH SAAT PENYALAAN PADA CAMPURAN PERTAMAX-ETANOL TERHADAP PERFORMANSI MESIN SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH
Penggunaan kendaraan bermotor di Indonesia sangat tinggi sehingga berdampak pada kelangkaan bahan bakar fosil. Salah satu alternatifnya menggunakan bahan bakar campuran etanol. Pengujian dilakukan pada mesin sepeda motor Honda Vario Techno 125 PGM-FI dengan bahan bakar pertamax dan bahan bakar campuran pertamax-etanol E50. Pengujian ini menggunakan variasi saat penyalaan yang pada awalnya 8o poros engkol sebelum titik mati atas silinder pada kondisi idle diubah menjadi 6o poros engkol sebelum titik mati atas silinder dan 10o sebelum titik mati atas silinder. Pengujian dilakukan dengan variasi putaran sebesar 1.500 rpm, 2.000 rpm, 2,500 rpm, 3.000 rpm, dan 3.500 rpm. Pengukuran performansi sepeda motor menggunakan dinamometer prony brake dengan parameter performansi yang diukur yaitu torsi, daya, brake specific fuel consumption, dan efisiensi termal. Untuk mengukur konsumsi bahan bakar menggunakan stopwatch di mana volume bahan bakar yang digunakan adalah 5 ml. Hasil dari pengujian menunjukkan torsi tertinggi dihasilkan pada campuran bahan bakar E50, saat penyalaan 10o dan putaran 3.500 rpm sebesar 4,526 Nm. Daya tertinggi dihasilkan pada campuran bahan bakar E50 saat penyalaan 10o dan putaran 3.500 rpm sebesar 1,659 kW. Brake specific fuel consumption terendah dihasilkan pada bahan bakar pertamax saat penyalaan 10o dan putaran 3.500 rpm sebesar 0,564 kg/kWh dan efisiensi termal tertinggi dihasilkan oleh campuran bahan bakar E50 saat penyalaan 8o dan putaran 3.500 rpm sebesar 17,34%
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307002943 | T123100 | T1231002023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available