Skripsi
PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA
Telah berhasil dikembangkan E-Modul berbasis STEM pada materi energi terbarukan untuk peserta didik kelas X SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap: tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Tahap Evaluasi dalam penelitian ini menggunakan tahap evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari tahap: self evaluation, expert review, one to one evaluation, dan small group. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough dan angket. Tingkat kevalidan E-Modul ini dinilai oleh tiga ahli, yakni satu ahli dalam aspek materi, satu ahli dalam aspek desain dan bahasa, serta satu ahli dalam aspek desain pembelajaran. Hasil uji validasi ahli E-Modul pada tahap expert review didapat data aspek materi sebesar 90,53% dengan kategori sangat valid, aspek desain dan bahasa sebesar 100% dengan kategori sangat valid, dan aspek desain pembelajaran sebesar 97,92% dengan kategori sangat valid. Sedangkan pada tahap one to one evaluation diperoleh penilaian rata-rata sebesar 82,38% dengan kategori praktis. Pada tahap uji coba small group evaluation diperoleh hasil penilaian rata-rata sebesar 86,81% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, berdasarkan hasil data penelitian didapatkan bahwa E-Modul berbasis STEM pada materi energi terbarukan untuk peserta didik kelas X SMA telah valid dan praktis.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207005347 | T85365 | T853652022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available