Text
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS STEM PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA
Telah berhasil dikembangkan video pembelajaran berbasis STEM Pada Materi Pemanasan Global untuk Peserta Didik Kelas X SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan dengan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap: tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Tahap evaluasi dalam penelitian ini menggunakan evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari lima tahap: self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group dan field test, namun pada penelitian ini hanya dilaksanakan sampai tahap empat yaitu tahap small group. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough dan angket. Tingkat kevalidan video pembelajaran ini di nilai oleh tiga ahli, yakni dua dosen ahli dalam aspek materi dan dalam aspek media. Hasil validasi materi oleh ahli yang dianalisis menggunakan Indeks Aiken V untuk mengetahui kesepakan para ahli. Dari hasil expert review diperoleh Indeks Aiken V didapat data sebesar 0,93 dengan kategori valid. Sedangkan pada tahap One-to-One Evaluation diperoleh penilaian rata-rata sebesar 91,68% dengan kriteria sangat praktis. Pada tahap uji coba Small Group Evaluation diperoleh hasil persentase rata-rata sebesar 81,21% dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil data penelitian pengembangan, video pembelajaran berbasis STEM pada materi pemanasan global untuk peserta didik kelas X SMA yang telah dikembangkan termasuk kedalam kategori valid dan praktis.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307001634 | T95296 | T952962023 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available