The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PEMBUATAN MODEL PENURUNAN KONDISI PERKERASAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARINGAN SYARAF BUATAN

Skripsi

PEMBUATAN MODEL PENURUNAN KONDISI PERKERASAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARINGAN SYARAF BUATAN

Wulandari, Rika - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Model penurunan kondisi perkerasan jalan merupakan model yang digunakan untuk memprediksi ketahanan perkerasan jalan dimasa yang akan datang. Selama ini, untuk memprediksi penurunan kondisi perkerasan jalan biasa digunakan metode regresi. Dalam Tugas Akhir ini, untuk memprediksi penurunan perkerasan jalan penulis mencoba menggunakan penerapan model penurunan kondisi perkerasan jalan dengan menggunakan Artificial Inteligence, dimana salah satu metodenya adalah metode jaringan syaraf buatan (JSB) berbasis back propagation. JSB merupakan suatu sistem pengolah informasi yang mempunyai kemiripan dengan sistem kerja jaringan otak manusia. Arsitektur JSB terdiri dari lapisan masukan (input layer), lapisan keluaran (output layer), serta beberapa lapisan tersembunyi (ihidden layer). Pada Tugas Akhir ini, penulis menggunakan dua buah data yaitu data Pavement Family A Tipe 1 Dan Data Pavement Family B Tipe 3. Data pavement family A tipe 1 menggunakan 3 unit input layer (nilai kondisi jalan, umur jalan, dan interval nilai kondisi), 2 unit hidden layer dan 1 output layer. Sedangkan data pavement family B tipe 3 menggunakan 2 unit input layer (nilai kondisi jalan dan interval umur jalan), 3 unit hidden layer dan 1 output layer. Bobot (weight) dihasilkan melalui proses randomisasi. Dari hasil proses tersebut didapat koefisien determinasi (R2). Berdasarkan Data Pavement A type 1 diperoleh R2 = 0.7651 (JSB) dan R2 = 0.7535 (regresi). Sedangkan untuk data pavement family B tipe 3 diperoleh R2 = 0.8031 (JSB) dan 0.7539 (regresi). Berdasarkan identifikasi dan pengujian jaringan syaraf buatan dari kedua data tersebut, didapatkan suatu kesimpulan bahwa koefisien determinasi (R2) yang dihasilkan dengan metode JSB hasilnya lebih baik dibandingkan koefisien determinasi (R2) yang dihasilkan dengan metode analisa regresi.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
0607000429T125640T1256402006Central Library (REFERENCES)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1256402006
Publisher
Inderalaya : Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya., 2006
Collation
xiv, 58 hlm.; ill.; tab.; 28 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
625.707
Content Type
Text
Media Type
unmediated
Carrier Type
unspecified
Edition
-
Subject(s)
Prodi Teknik Sipil
Perkerasan jalan - teknik
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Furika
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • PEMBUATAN MODEL PENURUNAN KONDISI PERKERASAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE JARINGAN SYARAF BUATAN
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search