The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of IDENTIFIKASI KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENGUATAN PADA GURU DI TK TUNAS BANGSA DESA KOTA TANAH OKU TIMUR

Skripsi

IDENTIFIKASI KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENGUATAN PADA GURU DI TK TUNAS BANGSA DESA KOTA TANAH OKU TIMUR

Ananda, Dea - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Pada saat pembelajaran berlangsung ada beberapa anak yang merasa jenuh dan tidak tertarik untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar sehingga sangat dibutuhkan keterampilan guru untuk memberikan penguatan sebagai pemegang peran penting yang dapat memperlancar proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan memberikan penguatan pada guru di TK Tunas Bangsa Desa Kota Tanah OKU Timur. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di TK Tunas Bangsa pada tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini berfokus pada keterampilan dasar mengajar guru dalam memberikan penguatan dan cara yang digunakan guru dalam memberi penguatan. Adapun sumber data pada penelitian ini berupa data primer meliputi wawancara dan observasi pada guru yaitu 4 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di TK Tunas Bangsa Desa Kota Tanah OKU Timur telah menerapkan keterampilan dasar memberikan penguatan seperti penguatan verbal dengan kata dan kalimat berupa kata sip, pintar, good anak hebat, sedangkan penguatan non verbal dengan pendekatan, simbol, sentuhan, gestural, penguatan tak penuh, dan kegiatan yang menyenangkan berupa simbol menangis untuk anak yang tidak fokus saat kegiatan pembelajaran, sentuhan berupa menepuk pundak anak, high five, kegiatan yang menyenangkan berupa menyanyi ketika anak mulai jenuh. Kemudian cara memberikan penguatan dengan menggunakan variasi, penguatan kepada kelompok anak, penguatan pada pribadi, dan tidak ditunda-tunda.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2307001172T87923T879232023Central Library (Referens)Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T879232023
Publisher
Indralaya : Prodi Pendidikan Guru pendidikan anak usia dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2023
Collation
xviii, 107 hlm.; ilus.; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
372.210 7
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Prodi Pendidikan Guru pendidikan anak usia dini
Keterampilan untuk anak
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
PPS
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • IDENTIFIKASI KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENGUATAN PADA GURU DI TK TUNAS BANGSA DESA KOTA TANAH OKU TIMUR
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search