Skripsi
HUBUNGAN KEBIASAAN MENGHAFAL AL-QUR'AN DENGAN KECERDASAN INTELEKTUAL PADA SANTRI SMP ISLAM TERPADU IZZUDDIN PALEMBANG.
Latar belakang: Kecerdasan intelektual atau dikenal juga dengan inteligensi adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup beberapa kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar. Kecerdasan intelektual dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor yaitu faktor genetik dan lingkungan. Salah satu faktor lingkungan yaitu stimulasi dengan mengasah otak melalui kebiasaan menghafal Al-Quran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan menghafal Al-Qur’an dengan kecerdasan intelektual pada santri SMP Islam Terpadu Izzuddin Palembang. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross-sectional. Data yang digunakan merupakan data primer dari hasil Intelligenz Structure Test (IST) dan data sekunder dari kartu hafalan santri yang memenuhi kriteria inklusi. Data dikumpulkan dengan teknik stratified proportional random sampling kemudian dilakukan analisis univariat dan analisis bivariat menggunalakan uji Independent T-test. Hasil: Dari 70 sampel didapatkan rata-rata skor IQ kelompok sering menghafal Al-Qur’an lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok jarang menghafal Al-Qur’an. Berdasarkan usia dan jenis kelamin, sebagian besar santri berusia 13 tahun (67,1%) dan sebagian besar santri berjenis kelamin laki-laki (51,4%). Dari hasil uji Independent T-test didapatkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan menghafal Al-Qur’an dengan kecerdasan intelektual (p=0,007) pada santri SMP Islam Terpadu Izzuddin Palembang. Kesimpulan: Terdapat hubungan signifikan antara kebiasaan menghafal Al-Qur’an dengan kcerdasan intelektual santri, semakin sering menghafal Al-Qur’an, maka semakin tinggi kecerdasan intelektual.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207005261 | T84522 | T845222022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available