Skripsi
KEMAMPUAN NUMERASI SISWA PADA PEMBELAJARAN POLA BILANGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI DENGAN KONTEKS KAIN TENUN TAJUNG PALEMBANG DI KELAS VIII
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa di kelas VIII.1 SMP Negeri 59 Palembang dalam menyelesaikan soal materi pola bilangan dengan konteks kain tenun tajung palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 59 Palembang yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan tes tertulis yang yang terdiri dari dua soal materi pola bilangan dengan menggunakan konteks kain tenun tajung palembang. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, siswa sudah menggunakan angka maupun symbol matematika dalam menyelesaikan permasalahan. Indikator pertama merupakan indikator yang memiliki persentase yang paling tinggi hal ini bearti indikator tersebut sering muncul. Siswa juga sudah memunculkan indikator kedua dari kemampuan numerasi hal tersebut dapat dilihat bahwa siswa mampu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk contohnya tabel. Indikator ini juga memiliki persentase yang tinggi. Sedangkan pada indikator menafsirkan hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan juga sudah cukup baik walaupun beberapa siswa masih ada yang kurang cermat dalam mengambil keputusan dan menarik kesimpulan. Indikator ketiga ini memiliki persentase yang paling kecil diantara kedua indikator yang lainnya. Dalam keseluruhan siswa sudah mampu memunculkan indikator kemampuan numerasi melalui jawaban yang telah mereka tulis sehingga dapat dikatakan bahwa siswa sudah mampu menyelesaikan soal materi pola bilangan dengan menggunakan konteks kain tenun tajung palembang.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307000976 | T87784 | T877842023 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available