Text
STUDI LITERASI SAINS ASPEK KONTEKS PENGETAHUAN KONTEN DAN KOMPETENSI SAINS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 TANJUNG RAJA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran ketercapaian literasi sains Siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tanjung Raja. Metode yang digunakan yaitu metode campuran dengan pertimbangan bahwa melalui penggabungan metode akan menghasilkan hasil yang lebih baik, digunakannya metode kuantitatif dalam menganalisis data hasil tes dan digunakan metode kualitatif dalam menjelaskan bagaimana hasil ketercapaian literasi sains siswa serta digunakan metode deskriptif dalam memberikan deskripsi gambaran literasi sains siswa yang diperoleh dari instrumen yang mengukur aspek konteks, pengetahuan konten, dan kompetensi sains. Subjek penelitian sebanyak 203 Siswa dari kelas IX.1 sampai IX.7. Adapun instrumen yang digunakan adopsi dari peneliti sebelumnya berjumlah 20 butir soal materi energi dengan nilai validitas 0,60 dan reliabilitas 0,75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercapaian literasi sains siswa memperoleh nilai persentase 46,82% dengan kategori kemampuan sangat rendah. Dimana pada aspek konteks memperoleh nilai presentase 38,5 termasuk dalam kategori sangat rendah. Sedangkan aspek pengetahuan konten memperoleh nilai persentase 56,96% termasuk kategori rendah. Terakhir pada aspek kompetensi dan merupakan inti dari pengambilan kesimpulan dalam penelitian yang dilakukan memperoleh nilai presentase 45% termasuk kategori sangat rendah. Kata kunci: Literasi sains, Pembelajaran fisika, Materi energi
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307000163 | T85613 | T856132023 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available