Text
EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA SIMPATIKA DENGAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) (STUDI KASUS: MAN DI KOTA PALEMBANG)
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) memiliki aplikasi berbasis web yang bernama SIMPATIKA. SIMPATIKA memiliki fungsi untuk mengelola seluruh kepentingan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) khususnya untuk mengelola tunjangan profesi guru (TPG). Terdapat cara untuk mengetahui pengalaman pengguna yaitu dengan melakukan evaluasi terhadap produk, baik produk digital maupun non digital. Evaluasi atau pengujian tersebut dimaksudkan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut, sehingga hasil dari evalusi dapat digunakan untuk melakukan berbagai perbaikan untuk menghasilkan produk yang lebih baik. Dari beberapa metode yang ada, UEQ merupakan salah satu metode yang cukup mudah untuk diaplikasikan karena efisien dan mudah untuk digunakan. Dalam metode ini digunakan 26 pertanyaan dengan skala penilaian 1 sampai 7. Aplikasi metode UEQ pada umumnya menggunakan bahasa inggris tetapi terdapat sebuah penelitian yang mengaplikasikan metode UEQ dalam bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa aspek perspicuity, efficiency, dependability dan stimulation secara berurutan mendapatkan nilai sebesar1.21, 1.09, 1.34, dan 1.05 atau above average (diatas rata-rata). Aspek attractiveness dan novelty secara berurutan mendapatkan nilai sebesar 1.07 dan 0.70 atau below average (dibawah rata-rata).
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307000983 | T88044 | T880442023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available