Text
ANALISIS PENGARUH KONTEN POSTINGAN TERHADAP SOCIETY ENGAGEMENT PADA INSTAGRAM DINAS PARIWISATA KOTA PALEMBANG
Instagram yang memiliki pengguna terbanyak dan hampir semua stakeholder termasuk pemerintah menggunakanya untuk menjalin hubungan dengan masyarakat, dinilai memiliki pengaruh terhadap perkembangan pariwisata di Indonesia, jika publikasi informasi melalui konten dapat berjalan optimal. Dinas Pariwisata Kota Palembang (@pariwisata.palembang) merupakan salah satu Instansi Pemerintah yang menggunakan instagram untuk mendukung perkembangan pariwisata di Indonesia. Namun hal itu tidak maksimal dikarenakan beberapa konten yang dipublikasi belum memiliki society engagement (like dan comments) yang tinggi. Sehingga, perlu diketahui apakah konten tersebut memiliki pengaruh terhadap society engagement. Dan diketahui pengaruh Society Engagement dalam kualitas konten. Dan faktor yang seperti apa yang memiliki Society Engagement yang tinggi sehingga berguna untuk meningkatkan kualitas konten tersebut. Penelitian ini menggunakan metode analisis kuantitatif dengan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner online dengan jumlah sampel 109 responden yang populasi berasal dari followers akun Instagram @pariwisata.palembang. Analisis Data yang didapatkan menggunakan tools SmartPLS, dan melalui tahap content validity oleh 5 expert, melakukan penyebaran serta perhitungan pilot test terhadap 30 responden, selanjutnya pengujian responden dengan jumlah yang lebih besar sebanyak 109 responden yaitu tahap outer model (discriminant validity dan convergency validity) dan inner model (r-square dan path coefficient). Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu, Faktor Connection yang merupakan indikator dari Konten Instagram mempengaruhi Society Engagement. Faktor Context, Communication, dan Collaboration tidak memiliki pengaruh terhadap Society Engagement, sedangkan Faktor Connection yang memiliki pengaruh terhadap Society Engagement
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307003082 | T87146 | T871462023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available