Text
EVALUASI KUALITAS WEBSITE LAZADA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)
Pelanggan e-commerce memiliki kesempatan terbatas untuk memeriksa kualitas produk dan mengujinya di situs web. Pengguna yang membeli barang dari situs pemasaran tak dikenal tidak memiliki cara untuk mengetahui kualitas barang dan jasa yang ditawarkan. Maka dari itu, website merupakan salah satu elemen yang membantu dan mendorong pelanggan untuk terlibat dalam aktivitas e-commerce. Saat ini jumlah pemakai internet di Indonesia menurut we are social, populasi netter Tanah Air mencapai 204,7 juta orang pada 2022 meningkat sebanyak 2,1 juta orang dari tahun 2021. Dengan jumlah pengguna internet yang meningkat tajam ini, pasar e-commerce menjadi tambang emas yang sangat potensial bagi sebagian orang yang bisa melihat potensi ke depannya. Lazada merupakan salah satu e-commerce dan pionir dalam ekosistem e-commerce Asia Tenggara. Lazada menawarkan variasi produk dalam berbagai kategori mulai dari barang elektronik hingga kebutuhan sehari-hari. Berdasarkan data lalu lintas dan keterlibatan 3 bulan terakhir, jumlah kunjungan atau orang yang mengakses website Lazada selama bulan Juni sampai Agustus 2022 mengalami penurunan.Berdasarkan hal tersebut, diperlukan adanya evaluasi kualitas website Lazada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kualitas website lazada dan mengetahui nilai kesenjangan antara persepsi dan harapan pengguna menggunakan metode Webqual 4.0 serta mengetahui indikator apa saja yang menjadi prioritas untuk diperbaiki menggunakan Importance Performance Analysis (IPA). Webqual memiliki total 22 indikator pernyataan dari 3 dimensi, diantaranya Kegunaan, Kualitas Informasi, dan Kualitas Interaksi Layanan. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada pengguna website Lazada.co.id dengan menggunakan teknik sampling yaitu purposive sampling. Pengujian data dilakukan dari hasil penelitian yaitu uji validitas, reliabilitas, dan paired sample t-test, kemudian dilanjutkan dengan menganalisis nilai kesenjangan antara persepsi dengan harapan pengguna, Webqual Index untuk memperoleh nilai dari kualitas website, serta menganalisi hasil dari Importance Performance Analysis (IPA). Hasil analisis yang didapatkan bahwa website Lazada.co.id termasuk dalam kategori baik, namun masih terdapat beberapa indikator yang perlu dilakukan perbaikan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2307002528 | T86996 | T869962023 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available