Text
Peningkatan hasil belajar siswa melalui model inquiri sosial pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 1 Tebing Tinggi kabupaten Empat Lawang
Penelitian ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inquiri Sosial Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SD Negeri 1 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang. Subjek penelitian siswa kelas VB SD Negeri 1 Tebing Tinggi dengan jumlah 24 siswa, dengan siswa laki laki 17dan 7 siswa perempuan. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam 2 Siklus melalui 4 tahapan : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini permasalahan : Apakah dengan mengunakan model Inquiri Sosial pada mata pelajaran IPS dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB SD Negeri 1 Tebing Tinggi. Tujuan indikator yang ditetapkan untuk mengukur keberhasilan ( ketuntasan ) Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal SD Negeri 1 Tebing Tinggi adalah 70. Berdasarkan hasil penelitian prasiklus nilai rata rata adalah 55 dengan ketuntasan 33,33%, sedangkan Siklus I diperoleh nilai rata rata adalah 65 dengan ketuntasan 58,33% ,hasil belajar siklus II diperoleh nilai rata rata adalah 75 dengan ketuntasan sebesar 87,5%. Setelah melaksanakan model inquiri sosial dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 1 Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang
No copy data
No other version available