Skripsi
STUDI PENGGUNAAN FLY ASH SEBAGAI FILLER PADA CAMPURAN LAPIS ASPAL BETON DENGAN PENGUJIAN MARSHALL
Pada umumnya perkerasan jalan adalah bagian dari jalur lalu lintas yang bila diperhatikan secara structural pada penampang melintang jalan, merupakan penampang struktur badan jalan. Adapun jenis perkerasan lalu lintas, baiknya dapat memfasilitasi sejumlah pergerakan lalu lintas yang ada, baik itu berupa jasa angkutan manusia, atau jasa angkutan barang berupa seluruh komoditas yang diiznkan untuk berlalu lalang di jalan tersebut. Maka dari itu diperlukan penelitian baru untuk mendapakan hasil perkerasan lentur (fleksible pavement) yang baik dengan cara memodifikasi campuran dari perkerasan yang telah ada sebelumnya. Pada penelitian yang akan dilakukan ini adalah dengan cara mengganti fly ash sebagai filler yang mengganti fungsi dari semen yang sering dipakai sebagai campuran normal ke dalam campuranLaston Wearing Course (AC-WC), dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja fly ash tersebut layak atau tidak digunakan sebagai bahan pengganti semen. Fly Ash merupakan material berukuran seperti semen dan bahan sisa dari hasil pembakaran batubara yang digunakan di pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Dalam percobaan ini variasi kadar aspal yang digunakan adalah 5%, 5,5%, 6%, 6,5%, dan 7%. Nilai kadar aspal optimum didapat dengan menggunakan metode marshall. Dari hasil percobaan didapat nilai kadar aspal optimum penggunaan fly ash adalah 6,65%.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1407003481 | T126706 | T1267062012 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available