The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Text

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

Sari, Itoh Nur - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan representasi matematis siswa di SMPN 6 Indralaya Utara dalam bentuk visual, verbal, dan simbolik. Penerapan model CTL dapat dijadikan solusi untuk permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa pada materi relasi dan fungsi setelah diterapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif sesuai dengan indikator representasi matematis. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 6 Indralaya Utara di kelas VII.3 dengan melibatkan sebanyak 22 orang siswa sebagai subjek. Teknik pengumpulan data menggunakan 2 butir soal tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan persentase banyak siswa yang berada pada kategori tinggi sebanyak 31,82%, sedang 50%, dan rendah 18,18%. Sedangkan, skor rata-rata kemunculan representasi matematis tertinggi terdapat pada representasi verbal sebesar 57,95, representasi simbolik sebesar 56,81, dan representasi visual sebesar 52,27. Hasil data tes menunjukkan bahwa siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi relasi dan fungsi dimulai dengan representasi verbal yaitu menuliskan informasi soal dilanjutkan dengan simbolik, lalu visual.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2307000833T87431T874312022Central Library (Referens)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T874312022
Publisher
Inderalaya : Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya., 2022
Collation
xv, 61 hlm.; ilus.; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
510.07
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Pelajaran matematika
Prodi Pendidikan Matematika
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
SEPTA
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search