Text
PENANAMAN SIKAP SOSIAL PADA ANAK DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) ROBBANI INDRALAYA UTARA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman sikap sosial anak di Taman Penitipan Anak (TPA) Robbani Indralaya Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas satu orang pendidik, satu orang pengasuh, dan tiga orang tua anak yang dititipkan di TPA Robbani. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dalam proses penanaman sikap sosial pada anak dilakukan dengan keteladanan dan pembiasaan. Penanaman sikap sosial anak meliputi pertama sikap percaya diri tercermin pada perilaku anak yang mau bercerita ketika ditanya, suka ikut bernyanyi saat mendengar lagu atau sholawatan, mau menyapa atau memulai percakapan dengan orang lain, dan menyampaikan keinginannya. Kedua sikap menyesuaikan diri dapat terlihat saat anak merasa nyaman bersama orang�orang disekitarnya seperti mau menyampaikan keinginan dan mengekspresikan perasaan senang, sedih, dan lainnya. Ketiga sikap bertanggung jawab ditandai dengan anak mau menghabiskan makanannya, menjaga kebersihan, bermain dan menggunakan ayunan bergantian sebagai bentuk memahami tugas dan aturan ketika berada di TPA. Selain itu, anak mau membereskan mainan, mengerti ketika mendapatkan penolakan dan mau mengalah kepada teman yang lebih muda darinya. Proses penanaman sikap sosial pada anak sudah dilaksanakan dengan baik, akan tetapi pada sikap bertanggung jawab masih belum maksimal. Hal ini ditandai dengan anak yang belum bisa membereskan tempat istirahatnya, ketika melakukan kesalahan dan ditegur oleh pendidik terkadang tidak peduli, dan saat mengerjakan sesuatu adakalanya masih belum tuntas.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207004352 | T81090 | T810902022 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available