Text
ANALISIS KESALAHAN SISWA SD KELAS IV DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI KELILING BANGUN DATAR BERDASARKAN TEORI NEWMAN
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau memberikan gambaran mengenai apa saja kesalahan yang dilakukan siswa kelas IV di SDN 25 Betung dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi keliling bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi dengan pendekatan kualitatif di mana datanya berupa pemaparan atau gambaran dengan berdasarkan keadaan sebenarnya. Hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa post-test dan wawancara. Penelitian ini melibatkan 22 siswa SD kelas IV di SDN 25 Betung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 13.63% siswa melakukan kesalahan dalam membaca masalah (reading), 59.1% siswa melakukan kesalahan memahami masalah (comprehension error), 63.63% siswa melakukan kesalahan dalam transformasi proses (transformation error) , 70.54% melakukan kesalahan dalam keterampilan proses (process skill error), 72.73% melakukan kesalahan penulisan jawaban akhir (endcoding).
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207004636 | T82618 | T826182022 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available