Skripsi
PERBANDINGAN PENGARUH JENIS PERLETAKAN TERHADAP LENDULAN PADA BALOK KOMPOSIT BERDASARKAN ANALISIS FULL INTERACTION DAN PARTIAL INTERACTION
Keistimewaan yang nyata dalam sistem komposit baja-beton adalah struktur yang lebih kaku dan lebih kuat. Sistem struktur komposit terbentuk akibat interaksi antara komponen struktur baja dan beton yang karakteristik dasar masing-masing bahan dimanfaatkan secara optimal. Interaksi tersebut terjadi apabila gaya geser horizontal antara balok baja dan pelat beton selama pembebanan ditahan dengan alat penghubung geser (shear connector) yang dapat menjamin lekatan antara kedua bidang. Tingkat interaksi pada sistem komposit baja-beton dapat dievaluasi sebagai full-interaction, partial-interaction, dan noninteraction , di mana interaksi ini dapat dilihat dari perbandingan lendutan yang terjadi, dan besarnya lendutan ini dapat dipengaruhi oleh jenis perletakan yang digunakan. Dalam laporan tugas akhir ini dilakukan analisis dengan berbagai contoh soal menggunakan rumus-rumus yang telah ditetapkan melalui studi literatur dalam perhitungan lendutan pada balok komposit baja-beton berdasarkan kondisi Full Interaction dan Partial Interaction. Maka lendutan pada balok komposit baja-beton dapat dihitung baik pada kondisi full-interaction maupun partial-interaction dengan membandingkan masing-masing lendutan berdasarkan jenis perletakan yang digunakan. Kemudian akan dibandingkan perilaku interaksi yang terjadi dari perhitungan slip yang terjadi antara balok komposit dengan balok non kmposit (tanpa shear connector). Dari hasil analisis yang dilakukan, diketahui bahwa pada kondisi partial interaction akan ada peningkatan lendutan yang terjadi pada balok komposit baja-beton dibandingkan pada kondidi full interaction akibat adanya gaya geser antara permukaan bawah plat beton dan permukaan atas profil baja. Selain itu, dengan penggunaan shear connector pada balok komposit baja-beton maka slip yang terjadi jauh lebih kecil dibandingkan balok baja-beton tanpa shear connector, karena gaya geser yang terjadi antara pelat beton dan profil baja dipikul oleh sejumlah penghubung geser tersebut sehingga tidak terjadi slip pada saat masa layan dan sewaktu balok terbebani maka terangkatnya pelat beton dapat ditahan atau dihindari. Slip yang terjadi pada balok komposit baja-beton dengan shear connector dapat mencapai 88,11 % hingga 96,04 % lebih kecil dibandingkan dengan balok baja-beton tanpa shear connector.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1207000811 | T126684 | T1266842012 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available