The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of SENTIMENT ANALYSIS PENGARUH PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA (INSTAGRAM, TIKTOK) SEBAGAI MEDIA PERANTARA E-MARKETPLACE TERHADAP MINAT BELI MENGGUNAKAN METODE LEXICON BASED

Text

SENTIMENT ANALYSIS PENGARUH PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA (INSTAGRAM, TIKTOK) SEBAGAI MEDIA PERANTARA E-MARKETPLACE TERHADAP MINAT BELI MENGGUNAKAN METODE LEXICON BASED

Elisa, Felia Sonya - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Pemanfaatan social media sebagai wadah untuk ajang promosi dalam meningkatkan minat beli konsumen memberikan peluang untuk mengetahui seberapa pengaruhnya minat beli dengan adanya social media sebagai perantara bagi e-marketplace. Pada penelitian ini diterapkan sentiment analysis dengan metode Lexicon Based untuk melihat seberapa berpengaruh penggunaan social media terhadap minat beli. Penelitian ini mengidentifikasi dan membagi sentiment analysis menjadi 2 kelompok, yaitu positif dan negatif. Data dalam penelitian ini didapatkan dari survey melalui beberapa platform social media dengan cara menyebarkan link kuesioner berupa google form dengan total dataset awal diperoleh sebanyak 4440 data. Pengolahan data dengan menggunakan bantuan tools yaitu KNIME (Konstanz Information Miner). Pada proses klasifikasi analisis sentiment, penelitian ini menggunakan metode Lexicon Based. Hasil akhir penelitian ini adalah mengetahui sentiment analysis berupa opini yang berpengaruh atau tidaknya dari pengguna social media sebagai media perantara E-marketplace terhadap minat beli, serta pengolahan data yang dilakukan berdasarkan dengan batasan permasalahan yang telah ditentukan sesuai judul penelitian ini. Hasil akhir data penelitian dari preprocessing dataset didapatkan sebanyak 3539 record data yang menghasilkan akurasi sebesar 79,68 %. Penilaian opini untuk menguji fakta kebenaran positif (pendapat yang bermakna) sebesar 94,52%, opini negatif (tidak benar atau tidak bermakna) sebesar 5,48%, dan opini undefined (tidak terdefinisikan) sebesar 0%. Kata Kunci: E-marketplace, Lexicon Based, Minat Beli, Sentimen Analysis, Social Media


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2207004741T82940T829402022Central Library (Referens)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T829402022
Publisher
Inderalaya : Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer., 2022
Collation
xvi, 88 hlm.; ilus.; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
006.754 07
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Jurusan Sistem Informasi
Situs Jejaring Sosial
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
SEPTA
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • SENTIMENT ANALYSIS PENGARUH PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA (INSTAGRAM, TIKTOK) SEBAGAI MEDIA PERANTARA E-MARKETPLACE TERHADAP MINAT BELI MENGGUNAKAN METODE LEXICON BASED
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search