Text
SENTIMENT ANALYSIS PENGARUH PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA (INSTAGRAM, TIKTOK) SEBAGAI MEDIA PERANTARA E-MARKETPLACE TERHADAP MINAT BELI MENGGUNAKAN METODE LEXICON BASED
Pemanfaatan social media sebagai wadah untuk ajang promosi dalam meningkatkan minat beli konsumen memberikan peluang untuk mengetahui seberapa pengaruhnya minat beli dengan adanya social media sebagai perantara bagi e-marketplace. Pada penelitian ini diterapkan sentiment analysis dengan metode Lexicon Based untuk melihat seberapa berpengaruh penggunaan social media terhadap minat beli. Penelitian ini mengidentifikasi dan membagi sentiment analysis menjadi 2 kelompok, yaitu positif dan negatif. Data dalam penelitian ini didapatkan dari survey melalui beberapa platform social media dengan cara menyebarkan link kuesioner berupa google form dengan total dataset awal diperoleh sebanyak 4440 data. Pengolahan data dengan menggunakan bantuan tools yaitu KNIME (Konstanz Information Miner). Pada proses klasifikasi analisis sentiment, penelitian ini menggunakan metode Lexicon Based. Hasil akhir penelitian ini adalah mengetahui sentiment analysis berupa opini yang berpengaruh atau tidaknya dari pengguna social media sebagai media perantara E-marketplace terhadap minat beli, serta pengolahan data yang dilakukan berdasarkan dengan batasan permasalahan yang telah ditentukan sesuai judul penelitian ini. Hasil akhir data penelitian dari preprocessing dataset didapatkan sebanyak 3539 record data yang menghasilkan akurasi sebesar 79,68 %. Penilaian opini untuk menguji fakta kebenaran positif (pendapat yang bermakna) sebesar 94,52%, opini negatif (tidak benar atau tidak bermakna) sebesar 5,48%, dan opini undefined (tidak terdefinisikan) sebesar 0%. Kata Kunci: E-marketplace, Lexicon Based, Minat Beli, Sentimen Analysis, Social Media
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207004741 | T82940 | T829402022 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available