Skripsi
ANALISA EKONOMI DAN FINANSIAL TOL JAKABARING - KAYUAGUNG PROVINSI SUMATERA SELATAN
Jalur transportasi darat merupakan bagian penting dalam pergerakan arus orang dan barang serta dalam menghubungkan suatu wilayah ke wilayah lain. Jalur transportasi ini terus dikembangkan dalam usaha peningkatan kinerja pergerakan dan berpotensi besar dalam pengembangan ekonomi dalam satu wilayah. Infrastruktur Jalan tol merupakan suatu jalan alternatif untuk mengatasi kemacetan lalu lintas ataupun untuk mempersingkat waktu dari satu tempat ke tempat lain sekaligus sebagai sumber pemasukan pendapatan pada suatu wilayah. Dampak ekonomi akan terlihat dimana pemerintah provinsi ikut dalam program penghematan bahan bakar juga akan mengurangi volume lalu lintas serta akan dapat menjadi sumber daya lain dalam pemasukan APBD Sumatera Selatan. Investasi pada infrastruktur membutuhkan nilai penanaman modal yang besar sehingga sangat sensitif terhadap fluktuasi tingkat suku bunga pinjaman. Pada awai operasi, pendapatan tol umum masih rendah kemudian akan meningkat secara bertahap seiring pertumbuhan lalu lintas. Perencanaan awal Jalan Jakabaring-Kayuagung akan menjadi jalan provinsi dengan anggaran yang biayai oleh APBN, APBD Sumatera Selatan, dan APBD OKI, dikarenakan cost infrastuktur yang tinggi maka jalan ini direncanakan menjadi jalan berbayar (Tollway) pertama untuk Provinsi Sumatera Selatan guna menarik investor untung berinvestasi pada proyek infrastruktur tol, maka daripada itu perlunya analisa dari pihak independen! dalam hal ini penulis selaku mahasiswa untuk dapat melihat kelayakan nilai ekonomi dan finansial. Biaya tarif tol Jakbaring - Kayuagung berdasarkan penggolongan kendaraan adalah Golongan I Rp. 10.800,00 ; Golongan Rp. 16.200,00; Golongan III Rp.21.700,00 ; Golongan IV Rp. 27.100,00 ; Golongan V Rp. 32.500,00, nilai BCR, B/C skenario berada di angka 1,09 dan skenario 2 berada di angka 1,21, NPV skenario 1 sebesar Rp. 476.497.000.000,00 dan skenario 2 sebesar Rp. 734.953.000.000,00, IRR untuk skenario 1 sebesar 16% sedangkan untuk skenario 2 sebesar 17%>1, sedangkan payback period di dapatkan tahun kembali pada skenario 1 adalah 26 tahun, dan skenario 2 adalah 24 tahun.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1407003445 | T112046 | T1120462014 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available