The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Kefektifan model contextual teaching and learning dalam menulis puisi siswa VII SMP Negeri 1 Penukal Kabupaten Muara Enim

Text

Kefektifan model contextual teaching and learning dalam menulis puisi siswa VII SMP Negeri 1 Penukal Kabupaten Muara Enim

Fera Aryani - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah model Contextual Teaching and Learning lebih efektif daripada model konvensional terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Penukal Kabupaten Muara Enim. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model Contextual Teaching and Learning terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Penukal Kabupaten Muara Enim. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini berjumlah 83 orang siswa dengan rincian 42 menggunakan model Contextual Teaching and Learning dan 41 siswa kelas VII B (kelompok kontrol) mendapat pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes, yaitu tes menulis. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan program komputer SPSS 19 (Statistical Producl and Service Solution) uji t. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan rata-rata skor siswa kelas eksperimen dari skor rata-rata pretes sebesar 38.7143 menjadi 71,3095. Skor rata-rata siswa kelas kontrol juga meningkat namun tidak mengalami lanjutan seperti pada kelas eksperimen. Rata-rata pretes kelas kontrol adalah 30,7317 dan rata-rata postes yang diperoleh kelas kontrol adalah 43,8049. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih eektif dibandingkan model konvensional bila diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi bagi siswa kelas VII di SMA Negeri 1 Penukal Kabupaten Muara Enim. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 32,5952, sedangkan pada kelas kontrol hanya sebesar 13,0735.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
372.620 7 Fer k 2013
Publisher
Inderalaya : ., 2013
Collation
67 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
372.620 7
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Menulis
Contextual Teaching and Learning (CTL)
SPSS 19
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search