Text
Kefektifan model contextual teaching and learning dalam menulis puisi siswa VII SMP Negeri 1 Penukal Kabupaten Muara Enim
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah model Contextual Teaching and Learning lebih efektif daripada model konvensional terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Penukal Kabupaten Muara Enim. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan model Contextual Teaching and Learning terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Penukal Kabupaten Muara Enim. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini berjumlah 83 orang siswa dengan rincian 42 menggunakan model Contextual Teaching and Learning dan 41 siswa kelas VII B (kelompok kontrol) mendapat pembelajaran dengan menggunakan model konvensional. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes, yaitu tes menulis. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan program komputer SPSS 19 (Statistical Producl and Service Solution) uji t. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan rata-rata skor siswa kelas eksperimen dari skor rata-rata pretes sebesar 38.7143 menjadi 71,3095. Skor rata-rata siswa kelas kontrol juga meningkat namun tidak mengalami lanjutan seperti pada kelas eksperimen. Rata-rata pretes kelas kontrol adalah 30,7317 dan rata-rata postes yang diperoleh kelas kontrol adalah 43,8049. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih eektif dibandingkan model konvensional bila diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi bagi siswa kelas VII di SMA Negeri 1 Penukal Kabupaten Muara Enim. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 32,5952, sedangkan pada kelas kontrol hanya sebesar 13,0735.
No copy data
No other version available