Skripsi
PERENCANAAN PERKERASAN KAKU DENGAN MENGGUNAKAN BEBAN AKTUAL KENDARAAN
Sebagai jalan penghubung antara Palembang-Indaralaya, Jalan Mayjen Yusuf Singadekane memiliki peranan yang sangat penting. Namun, terdapat beberapa titik kerusakan di sepanjang ruas jalan tersebut yang mayoritas disebabkan oleh faktor beban yang berlebih (overloading) dari kendaraan muatan melintas. yang Pembangunan konstruksi jalan yang umum di Indonesia masih menggunakan beban standar, hal ini menyebabkan jalan tersebut akan rusak sebelum masa layanan yang direncanakan. Jika pembangunan konstruksi jalan direncanakan berdasarkan beban aktual (overloading) yang lewat, maka kerusakan jalan akibat beban muatan lebih kendaraan dapat diminimalisasikan. Perencanaan perkerasan kaku ini menggunakan 3 metode yaitu metode AASHTO 1993, SN1 PD-T14-2003 dan ROAD NOTE 29, dengan penambahan katagori truk modifikasi 2sumbu40ton pada perhitungan LHR yang yang berat bebannya berdasarkan data beban kendaraan hasil penelitian sebelumnya. Hasil perhitungan menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil akhir ketebalan pelat beton dari masing-masing metode, yaitu 37.3 cm untuk metode AASHTO 1993, 34 cm untuk metode SNI PD-T 14-2003 dan 35 cm untuk metode ROAD NOTE 29. Perencanaan tebal perkerasan kaku dengan penambahan beban overloading truk seperti ini akan membutuhkan biaya yang sangat besar, maka dari itu disarankan adanya pembuatan truk modifikasi yang sesuai standar dan tidak melanggar MST.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1407003269 | T113546 | T1135462014 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available