The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of ANALISIS KOMBINASI OPTIMUM DAN STRATEGI PEMASARAN BERAS PADA PERUSAHAAN PENGGILINGAN PADI RUSNA JAVA DI DESA PEGAYUT KECAMATAN PEMULUTAN KABUPATEN OGAN ILIR

Skripsi

ANALISIS KOMBINASI OPTIMUM DAN STRATEGI PEMASARAN BERAS PADA PERUSAHAAN PENGGILINGAN PADI RUSNA JAVA DI DESA PEGAYUT KECAMATAN PEMULUTAN KABUPATEN OGAN ILIR

Wijaya, Andre - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : 1) menghitung harga pokok dari masing-masing beras yang diproduksi, 2) menghitung keuntungan yang diperoleh perusahaan dari penjualan berbagai jenis beras tersebut, 3) menentukan kombinasi optimum dari produk yang dihasilkan untuk memperoleh keuntungan maksimum dan 4) untuk mendeskripiskan strategi pemasaran yang harus dilakukan perusahaan dalam memasarkan ketiga jenis beras. Penelitian ini dilaksanakan pada Perusahaan Penggilingan Padi (PP) Rusna Jaya yang berada di Desa Pegayut Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (purposive). Pengambilan data di lapangan dilakukan selama bulan Februari 2004. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Untuk menghitung harga pokok beras digunakan rumus matematis dimana biaya produksi setiap merk beias dibagi dengan jumlah produksinya masing-masing. keuntungan dari penjualan beras, dapat diketahui dengan mengurangkan antara penerimaan yang diperoleh dengan biaya total untuk masing-masing setiap merk beras. Untuk menentukan kombinasi optimum yang dihasilkan oleh perusahaan Kemudian untuk menghitung digunakan program Linier Programming. Untuk menjawab tentang strategi digunakan analisis SWOT (Sfrenghls. Weakness, Opportunies, Threats). Berdasarkan hasil penelitian, maka harga pokok rata-rata untuk beras lele pemasaran adalah sebesar Rp2.297,4/kg, harga pokok rata-rata untuk beras selincah adalah Rp2.374,7/kg dan harga pokok rata-rata untuk beras BULOG adalah sebesar Rp2.285,0/kg. Keuntungan rata-rata yang diperoleh dari penjualan beras lele adalah sebesar Rp 154.239.473,9/bln, keuntungan rata-rata untuk beras selincah adalah sebesar Rp235.634.465,3/bln dan keuntungan rata-rata untuk beras BULOG adalah sebesar Rp226.613.175,4/bln. Untuk kombinasi optimum yang dihasilkan melalui program Linier Programming , untuk solusi optimal maka produksi rata-rata beras merk lele adalah 372.500 kg/bln, produksi rata-rata untuk beras selincah adalah 659.043,5 kg/bln dan produksi rata-rata untuk beras BULOG adalah 462.500 kg/bln, dengan keuntungan yang akan diterima sebesar Rp600.009.213.7/bln. Untuk alternatif I produksi rata-rata beras merk lele adalah 410.426,1 kg/bln. produksi ratarata untuk beras selincah adalah 622.351,9 kg/bln dan produksi rata-rata untuk beras BULOG adalah 514.178,8 kg/bln, dengan keuntungan yang akan diterima sebesar Rp628.837.117,9/bln. Untuk alternatif II produksi rata-rata beras merk lele adalah 51.678,8 kg/bln, produksi rata-rata untuk beras selincah adalah 622.970.3 kg/bln dan produksi rata-rata untuk beras BULOG adalah 924.605 kg/bln, dengan keuntungan yang akan diterima sebesar Rp681.594.308,6/bln. Strategi pemasaran berdasarkan analisis matriks SWO1. maka : 1) strategi SO, perusahaan harus melakukan perluasan pemasaran ke pusat-pusat perbelanjaan agar lebih dikenal oleh masyarakat, 2) strategi WO. perusahaan harus memperluas daerah sumber input dengan mencari daerah baru untuk menjamin kelangsungan produksi, 3) strategi ST : a) meningkatkan kualitas beras yang dihasilkan sehingga produk mampu bersaing di pasar, b) memperbaiki kemasan agar lebih menarik dan dikenal konsumen, 4) strategi WT : a) iebih meningkatkan keijasama dengan perusahaan-perusahaan penyedia Input seperti pemberian bonus, b) menghasilkan beberapa ukuran kemasan sehingga memberikan kesempatan pilihan kepada konsumen.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
0507001588T101949T1019492005Central Library (Referens)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T1019492005
Publisher
Inderalaya : Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya., 2005
Collation
xx, 106 hlm.; ilus.; tab.; 28 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
658.807
Content Type
Text
Media Type
unmediated
Carrier Type
unspecified
Edition
-
Subject(s)
Agribisnis
Pemasaran Beras
Usaha Penggilingan Padi
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
HALIM
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • ANALISIS KOMBINASI OPTIMUM DAN STRATEGI PEMASARAN BERAS PADA PERUSAHAAN PENGGILINGAN PADI RUSNA JAVA DI DESA PEGAYUT KECAMATAN PEMULUTAN KABUPATEN OGAN ILIR
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search