Text
Pengaruh metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap keampuan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Batu
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan menulis argumentasi siswa kelasX SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain control group pre-test post-test. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X.a dan X.b. Sampel penelitian seluruhnya berjumlah 76 siswa. Untuk menggolongkan siswa ke dalam kelompok kontrol dan eksperimen, peneliti menggunakan purposive sample sehingga didapatlah rincian 38 siswa kelas X.b sebagai kelompok kontrol dan 38 siswa kelas X.a sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menulis argumentasi. Teknik analisis data dengan teknik statistik uji t dengan menggunakan program komputer SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Nilai rata-rata tes awal menulis argumentasi kelompok kontrol 68,44 dan kelompok eksperimen 69,23. Siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 8,0 pada kelas kontrol 2 orang siswa, dan kelas eksperimen 2 orang siswa. Nilai rata-rata tes akhir menulis argumentasi kelompok kontrol 78,05 dan kelompok eksperimen 82,78. Siswa yang mencapai KKM pada kelompok eksperimen 34 orang siswa dan pada kelompok kontrol 23 orang siswa. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifakan terhadap kemampuan menulis argumentasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Hasil analisis data dengan uji t membuktikan bahwa thit > ttab atau 3,499 > 1,666 dengan df = 74 pada tingkat signifikansi 95%. Oleh sebab itu, Ha yang berbunyi “Ada perbedaan kemampuan menulis argumentasi antara siswa yang diajar menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional” diterima.
No copy data
No other version available