The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap keampuan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Batu

Text

Pengaruh metode cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap keampuan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Batu

Ika Suryaneta - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan menulis argumentasi siswa kelasX SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain control group pre-test post-test. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X.a dan X.b. Sampel penelitian seluruhnya berjumlah 76 siswa. Untuk menggolongkan siswa ke dalam kelompok kontrol dan eksperimen, peneliti menggunakan purposive sample sehingga didapatlah rincian 38 siswa kelas X.b sebagai kelompok kontrol dan 38 siswa kelas X.a sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menulis argumentasi. Teknik analisis data dengan teknik statistik uji t dengan menggunakan program komputer SPSS 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Nilai rata-rata tes awal menulis argumentasi kelompok kontrol 68,44 dan kelompok eksperimen 69,23. Siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 8,0 pada kelas kontrol 2 orang siswa, dan kelas eksperimen 2 orang siswa. Nilai rata-rata tes akhir menulis argumentasi kelompok kontrol 78,05 dan kelompok eksperimen 82,78. Siswa yang mencapai KKM pada kelompok eksperimen 34 orang siswa dan pada kelompok kontrol 23 orang siswa. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifakan terhadap kemampuan menulis argumentasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Batu. Hasil analisis data dengan uji t membuktikan bahwa thit > ttab atau 3,499 > 1,666 dengan df = 74 pada tingkat signifikansi 95%. Oleh sebab itu, Ha yang berbunyi “Ada perbedaan kemampuan menulis argumentasi antara siswa yang diajar menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional” diterima.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
371.318 07 Ika p 2013
Publisher
Inderalaya : ., 2013
Collation
xiv, 69 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.318 07
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Metode pemebelajaran
Metode
Cooperative Integrated Reading and Composition (CI
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search