Text
KEPUASAN PENGGUNA YOUTUBE DALAM MENONTON EDUKASI KOSMETIK DAN SKINCARE YANG AMAN DI YOUTUBE dR. RICHARD LEE, MARS
Kepuasan penggunaan media merupakan imbalan berupa kesenangan dan kelegaan yang dihargai dan diperoleh individu setelah menggunakan media. Kehadiran produk abal-abal ditengah peningkatan tren kecantikan membuat masyarakat membutuhkan edukasi untuk memilih produk kosmetik dan skincare yang aman. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kepuasan pengguna YouTube dalam menonton edukasi kosmetik dan skincare yang aman di YouTube dr. Richard Lee, MARS. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori nilai harapan dari Palmgreen yang merupakan varian terbaru dari teori uses and gratification ditambah kategori kebutuhan dan kepuasan dari McQuail, Blumler dan Brown. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 115 pengguna YouTube yang ditentukan berdasarkan tipe sampel purposif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang terdiri dari 17 pernyataan untuk mengukur gratification sought (GS), pemberian contoh video edukasi kemudian pengukuran gratification obtained (GO) dengan kembali mengajukan 17 pernyataan kepada responden. Hasil analisis deskriptif menunjukkan total mean skor GS < total mean skor GO sehingga dapat dinyatakan bahwa kebutuhan yang dicari nilainya lebih kecil dari kebutuhan yang diperoleh. Hasil uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka disimpulkan ada perbedaan rata-rata antara kepuasan yang dicari (GS) dan kepuasan yang diperoleh (GO) pengguna YouTube dalam menonton edukasi kosmetik dan skincare yang aman di YouTube dr. Richard Lee, MARS. Kata kunci: Kebutuhan dan Kepuasan Penggunaan Media, YouTube, Edukasi Kosmetik dan Skincare yang Aman
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207003036 | T76705 | T767052022 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available