Text
EVALUASI PELAKSANAAN STRATEGI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PALEMBANG DALAM PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021
Penelitian ini berjudul “Evaluasi Pelaksanaan Strategi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Palembang dalam Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran di masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021”. Latar belakang dipilihnya judul tersebut karena adanya keluhan dari masyarakat terhadap pelayanan pembuatan akta kelahiran di masa pandemi Covid-19 di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan strategi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Palembang dalam melakukan pelayanan pembuatan akta kelahiran di masa pandemi Covid-19 tahun 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisa data menggunakan kondensasi data, display data dan verifikasi data atau kesimpulan. Penelitian ini menggunakan model teori evaluasi strategi oleh Richard P. Rumelt (1997) yang terdiri dari dimensi kesesuaian, konsistensi, kelayakan dan keunggulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari evaluasi pelaksanaan strategi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Palembang dalam pelayanan pembuatan akta kelahiran di masa pandemi Covid-19 yang dilakukan sudah cukup baik disebagian besar aspek karena strategi yang dilakukan sudah berdasarkan kebijakan yang berlaku saat ini, selain itu sumber daya yang tersedia juga sudah mampu mendukung berjalannya strategi tersebut walaupun masih dirasa kurang tapi sudah dapat dimanfaatkan dengan optimal. Akan tetapi masih terdapat keluhan dari masyarakat terkait keunggulan dari strategi yang diterapkan tersebut seperti pelayanan tidak selesai pada waktu yang dijanjikan dan cenderung lambatnya respon yang diberikan oleh petugas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, sebaiknya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Palembang dapat memperbaiki komunikasi dengan masyarakat dalam memberikan jaminan informasi yang lebih jelas agar dapat menghindari timbulnya permasalahan, selain itu dapat secara bertahap untuk menambah ataupun memperbarui sarana dan prasarana yang tersedia dan kembali membuka pelayanan secara offline sebagai alternatif pilihan bagi masyarakat.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207002681 | T76138 | T761382022 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available