Skripsi
STUDI KARAKTERISTIK ANGKUTAN UMUM BUS DI PALEMBANG
Studi karakteristik angkutan umum bus di Palembang ini dilakukan pada 'seluruh rute angkutan umum bus yang ada di Palembang yaitu Plaju - KM 12 , Plaju - perumnas , Plaju- Pusri, Terminal Karya Jaya - KM 12 , Terminal Karya Jaya - Pusri, Terminal Karya Jaya - Perumnas dan Bukit - Ampera . Peneliti di Latar belakangi oleh bertambahnya jumlah penduduk yang memicu bertambahnya jumlah angkutan umum bus, banyaknya pelanggaran rute dan peraturan lalu lintas, serta angkutan umum bus yang menaikkan dan menurunkan tanpa jadwal yang tetap. Permasalahan yang ada adalah bagaimana karakteristik rute angkutan bus, umum berapa jumlah kendaraannya, berapa Service frequency yang didapat, bagaimana tempat pemberhentiannya, bagaimana kepadatan penumpang pada ruas-ruas jalan tertentu..Adapun Kecepatan rata - rata angkutan umum bus yang diteliti yaitu jurusan Terminal Karya Jaya - Perumnas kecepatan rata - rata sebesar 21.98 km/jam, dengan jarak tempuh bus jurusan Terminal Karya Jaya - Perumnas tersebut adalah 21 km.Kecepatan rata - rata bus jurusan Terminal Karya Jaya - Pusri sebesar 22.33 km/jam, dengan jarak tempuh 17 km. Kecepatan rata - rata bus jurusan Ampera - Bukit sebesar 16,62 km/jam, dengan jarak tempuh 6 km. Kecepatan rata-rata bus jurusan Plaju - Perumnas sebesar 22.88 km / jam, dengan jarak tempuh 21 km. Kecepatan rata-rata bus jurusan Terminal Karya Jaya - KM 12 sebesar 22.61 km/jam, dengan jarak tempuh 20 km. Kecepatan rata - rata bus jurusan Plaju - Pusri sebesar 21.45 km/jam , dengan jarak tempuh 17 km. Kecepatan rata- rata bus jurusan Plaju - KM 12 sebesar 19.22 km/jam, dengan jarak tempuh 20 km. Ada perbedaan perhitungan penentuan jumlah angkutan umum bus antara cara DISHUB dan cara Faulks, cara DISHUB menghitung jumlah angkutan umum sebagai rasio potensi penumpang dengan jumlah sea\,Faulks menghitung jumlah angkutan umum sebagai rasio dua kali waktu perjalanan ditambah total waktu berhenti dengan Service frekuensi. Diperoleh perbedaan hitungan seperti Terminal Karya Jaya-Perumnas sebesar 41.54 % dari jumlah angkutan resmi DISHUB, Terminal Karya Jaya - Pusri 28 % nya, Bukit - ampera 15.49% nya, Terminal Karya Jaya - Km 12 24,55 % nya, Plaju - KM 12 12,5 % nya, Plaju - Pusri 43,67 % nya, Plaju - Perumnas 26,92 % nya. Perbedaan tersebut menunjukkan cara Faulks lebih efektif, sehingga tidak ada bus yang ngetem dan pindah jalur trayek, namun dituntut kontrol pada perhitungan titik kontrol tertentu. Selain itu data menunjukkan bahwa penumpang naik paling banyak pada awal ruas dan terjadi penurunan pada kedua ruas berikutnya.Hal ini terjadi pada seluruh rute angkutan umum bis yang diteliti. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa jumlah dan pola permintaan menunjukkan karakteristik yang sama.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0507000454 | T95147 | T951472005 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available