Skripsi
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI RSKGM PROVINSI SUMATERA SELATAN.
Latar belakang: COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh severe acute respiratory syndrome-corona virus-2 (SARS-CoV-2). Etiologi dari penyakit ini yaitu termasuk dalam virus ribonucleid acid (RNA) yaitu virus corona jenis baru, betacorona virus dan satu kelompok dengan virus corona penyebab severe acute respiratory syndrome (SARS) dan middle east respiratory syndrome (MERS CoV). Selama pandemi berlangsung, dokter gigi tidak luput dari sasaran virus ini karena penularannya dapat melalui pelepasan aerosol dan droplet saliva ataupun darah dari rongga mulut pasien. Dalam mencegah adanya penularan COVID-19, baik pasien maupun petugas dan lingkungan rumah sakit, perlu menerapkan protokol kesehatan yang untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Ada beberapa indikator dari keberhasilan pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada masa pandemi COVID-19 di RSKGM Provinsi Sumatera Selatan. Metode: penelitian deskriptif observasional ini dilakukan dengan melakukan pengumpulan sampel yaitu sebesar 96 sampel kemudian dilakukan penyebaran kuesioner berbasis link Google Form kepada pasien melalui pihak ketiga/tidak secara langsung. Kuesioner yang digunakan sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas kemudian hasil dari penelitian ini akan dianalisis dengan uji statitiska deskriptif. Hasil: Dimensi tangibles dan assurance memperoleh persentase puas paling tinggi (100%) kemudian reliability (99%), responsiveness (97,9%), sementara empathy memperoleh persentase puas paling rendah dari dimensi lain yaitu sebesar (95,8%). Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar pasien merasa puas terhadap seluruh dimensi pelayanan kesehatan yang diberikan oleh RSKGM Provinsi Sumatera Selatan selama pandemi COVID-19 berlangsung.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207001513 | T71509 | T715092022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available