Skripsi
EVALUASI PELAYANAN ANGKUTAN UMUM BUS DI KOTA PALEMBANG DITINJAU DARI KEPUASAN PENUMPANG
Kota Palembang saat ini merupakan sebagai salah satu pusat pertumbuhan nasional, sehingga menjadikan Kota Palembang kota yang bergerak cepat, tumbuh, mandiri dalam menciptakan kota metropolitan dan kota internasional. Dengan pertumbuhan yang cepat tersebut, perkembangan akan muncul di segala bidang, terutama didalam bidang transportasi. Namun kenyataannya transportasi menjadi momok yang menakutkan di Kota Palembang, karena terdapat banyak sekali masalah- masalah transportasi seperti kemacetan, fasilitas pelayanan angkutan yang kurang yang membuat tidak nyaman dan lain sebagainya. Cara untuk mengatasi masalah transportasi yang ada di Kota Palembang sangatlah banyak, namun salah satu hal yang terutama yang perlu dilakukaan ialah manajemen transportasi, sarana prasarana yaitu bagaimana kita mengevalusi sistem pelayanan transportasi tersebut. Salah satu yang harus dievaluasi pelayanan transpotasi itu ialah masalah angkutan umum terutama bus kota. Salah satu kajian yang harus dilakukan dalam bus kota adalah tentang pelayanan bus tersebut terhadap kepuasan penumpang. Untuk itu, penulis memilih topik bahasan tentang Evaluasi Pelayanan Angkutan Umum Bus di Kota Palembang di Tinjau dari Kepuasan Penumpang. Maksud dan tujuan penelitian ini adalalah untuk mengevaluasi pelayanan angkutan umum bus yang ada di Kota Palembang meliputi kelancaran perjalanan, kenyamanan, keamanan dan pertimbangan ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan wawancara kepada penumpang yang sering menggunakan jasa angkutan umum bus. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa penumpang angkutan umum bus menilai mudah dalam memperoleh angkutan umum bus, dengan persentasenya dominan dengan 78%, sementara sangat mudah dan tidak mudah, masing masing 12% dan 10%. Dalam perjalanannya penumpang menilai angkutan umum bus berjalan lancar dan tidak lancar masing masing 50%, Penumpang menilai suasana perjalanan dengan angkutan umum bus selama perjalananya, merasa nyaman sekitar 19%, tidak nyaman 81% dan sangat nyaman 0%. Adapun alasan penumpang merasa tidak nyaman yaitu rame, debu, panas, berisik sebesar 42%, musiknya hingar bingar 28%, merokok dalam bus 5% dan kebersihan minim 3%. Penumpang menilai didalam bus sering terjadi tindak kriminal berupa penodongan, penjambretan, dan pencopetan sebesar 55%, sedangkan jarang dan tidak pernah masing masing 27% dan 18%. penumpang pernah mengalami atau melihat kecelakaan bus akibat prilaku bus yang ugal-ugalan sebesar 57%, belum pernah 36% dan sering 7%. Penumpang menilai tarif bus kota saat ini ada yang sebesar Rp 2000 dan Rp 2500, terlihat dari persentase yang masing masing 50% dan 49% dan Rp 3000 hanya 1%. Penumpang menilai tarrf angkutan umum bus dengan jarak pelayanan yang dilayani sesuai sebesar 84%, tidak sesuai 15%, dan sangat sesuia 1%. Penumpang menilai sopir/kenek meminta tarif melebihi tarif resmi, merasa tidak pernah 48%, serine 46% dan selalu hanva 6%.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1107000300 | T97046 | T970462011 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available