Text
Peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas V SD Negeri 25 Palembang melalui model Inquiry Training
Skripsi ini berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SD Negeri 25 Palembang Melalui Model Inquiry Training “. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Inquiry Training di kelas V SD Negeri 25 Palembang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ), Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 25 Palembang Semester genap tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 31 orang siswa, terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Keberhasilan penelitian ini diamati berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai siswa siklus I dan siklus II. Siswa dinyatakan tuntas belajar jika sudah mencapai nilai ≤ 75 dan satu kelas dinyatakan tuntas belajar apabila telah mencapai angka 85% siswa yang mendapat nilai 70 atau lebih. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata-rata hasil ujian setiap akhir siklus dan ketuntasan hasil belajar siswa secara berturut-turut sebelum diberi tindakan. Setelah diberi tindakan siklus I dan siklus II adalah 77,41%, 80,64%, 87,09%, dan 93,54%. Nilai rata-rata hasil ujian setiap akhir siklus secara berturut-turut adalah 77,25, 78,70,83,84, dan 95,32. Setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas, dapat disimpulkan bahwa model Inquiry Ttraining dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
No copy data
No other version available