Skripsi
ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KEUNTUNGAN USAHA BENIH KELAPA SAWIT PT. BINA SAWIT MAKMUR DI KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan strategi bauran pemasaran 2) Mengetahui produksi dan pada saat kapan keuntungan usaha dapat tercapai 3) Menganalisis dan memberi rekomendasi strategi pengembangan pembenihan kelapa sawit di PT Bina Sawit Makmur. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dengan PT Bina Sawit Makmur diambil sebagai sampel dalam penelitian ini. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari pengamatan langsung dilapangan dan hasil dengan pihak perusahaan. Data sekunder diperoleh dari berbagai literature dan instansi yang terkait dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran yang telah dilakukan oleh PT Bina Sawit Makmur adalah dengan strategi produk, strategi harga, strategi tempat dan strategi promosi. Strategi produk yang perusahaan lakukan adalah dengan menjaga kualitas produk dan kuantitas produk serta melakukan keberagaman produk. Strategi harga yang perusahaan lakukan adalah dengan syarat kredit pembelian dan potongan harga khusus. Strategi tempat yang perusahaan lakukan adalah dengan penetapan lokasi kebun dan pemasaran yang berbeda, prosedur pembelian benih yang lebih ekslusif, dan penjualan benih tanpa melalui wawancara agen lain diluar dari perusahaan. Strategi promosi yang dipergunakan oleh perusahaan adalah dengan katalog, iklan, pameran, sponsor pendidikan, dan website. Hasil penelitian yang telah dilakukan juga dapat diketahui bahwa PT Bina Sawit Makmur mencapai keuntungan ketika jumlah produksi di atas 36.959.632 butir benih kelapa sawit dan jumlah penerimaan di atas Rp332.636.685.870,00 serta pada waktu 1,54 tahun setelah produksi yang dilakukan oleh perusahaan. Rekomendasi strategi pengembangan yang diberikan untuk perusahaan dengan menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT yang sesuai pada perusahaan adalah 1) Menjaga dan meningkatkan kepercayaan konsumen 2) Meningkatkan promosi di pasar global 3) Adanya prosedur verifikasi kredit yang lebih terkendali 4) Aktif berpartisipasi dalam Job Expo.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1307002373 | T90993 | T909932013 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available