The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of ANALISIS MEKANISME PEMBENTUKAN HARGA DAN SALURAN PEMASARAN BERAS DI DESA LUBUK SEBERUK KECAMATAN LEMPUING JAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Skripsi

ANALISIS MEKANISME PEMBENTUKAN HARGA DAN SALURAN PEMASARAN BERAS DI DESA LUBUK SEBERUK KECAMATAN LEMPUING JAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Pertiwi, Shelvi - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengidentifikasi mekanisme pembentukan harga di tingkat petani, sampai ke tingkat penjualan di pasar untuk penjualan beras (2) mendeskripsikan saluran pemasaran beras (3) menganalisis berapa besar marjin pemasaran dan keuntungan yang dinikmati oleh setiap saluran pemasaran yang terlibat. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Lubuk Seberuk Kecamatan Lempuing Jaya. Pengumpulan data dilakukan dari bulan April sampai Mei 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Jumlah sampel yang dikumpulkan sebanyak 30 petani yang diambil sebagai sampel menggunakan metode penarikan contoh acak sederhana. Sedangkan 8 sampel pedagang diambil menggunakan metode penarikan contoh snowball sampling atau metode penelusuran terdiri dari 3 pabrik penggilingan, 2 pedagang pengumpul, 1 pedagang besar dan 2 pedagang pengecer dari 3 saluran pemasaran. Data tersebut diolah secara tabulasi dan dianalisis secara matematis dan kemudian dijelaskan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme pembentukan harga beras di desa Lubuk Seberuk ditingkat petani yakni petani sebagai penerima harga (price taker) dimana harga jual ditetapkan berdasarkan ketentuan dari penggilingan pabrik penggilingan dimana penetapan harga berdasarkan harga pasar. Sedangkan pembentukan harga ditingkat Lembaga pemasaran ditetapkan oleh masing-masing lembaga pemasaran dari masing-masing saluran pemasaran yang bertindak sebagai pembuat harga {price makar) yang berorientasi pada harga pasar dan stabilisasi harga. Saluran pemasaran di desa Lubuk Seberuk terdapat tiga macam saluran pemasaran. Saluran pemasaran pertama yakni dari petani ke pabrik penggilingan lalu ke pedagang besar, pedagang pengecer dan konsumen. Saluran pemasaran kedua yakni dari petani ke pabrik penggilingan, pedagang pengumpul kecamatan, pedagang besar, pedagang pengecer dan konsumen. Saluran pemasaran kedua yakni dari petani ke pabrik penggilingan, pedagang pengumpul kabupaten, pedagang besar, pedagang pengecer dan konsumen. Marjin pemasaran beras pada masing-masing lembaga di setiap saluran pemasaran berkisar antara Rp 50 hingga Rp 1.500 dengan keuntungan berkisar antara Rp 35 hingga Rp 708 untuk masing-masing beras asalan dan merek beras. Lembaga pemasaran pada pedagang besar yang mendapatkan maijin dan keuntungan pemasaran terbesar yakni sebesar Rp 1.500, hal ini dikarenakan pedagang besar memiliki kekuatan sebagai pelaku penetap harga sehingga harga sangat dikuasai oleh pedagang besar disamping itu pedagang besar melakukan penambahan nilai jual pada produk yang mereka jual. Dengan demikian pedagang besar akan semakin meningkatkan harga jual dengan keunggulan yang mereka miliki.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
1407003594T90866T908662014Central Library (REFERENCES)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T908662014
Publisher
Inderalaya : Prodi Agribisnis, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya., 2014
Collation
xiii, 70 hlm.; ill.; tab.; 28 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
381.407
Content Type
Text
Media Type
unmediated
Carrier Type
unspecified
Edition
-
Subject(s)
Prodi Agribisnis
Perdagangan hasil pertanian--Beras
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Furika
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • ANALISIS MEKANISME PEMBENTUKAN HARGA DAN SALURAN PEMASARAN BERAS DI DESA LUBUK SEBERUK KECAMATAN LEMPUING JAYA KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search